Gunungkidul

Lomba Rock Fishing Kenalkan Potensi Wisata Baru di Gunungkidul

Lomba tersebut tidak hanya untuk menyalurkan hobi saja tetapi juga untuk memperkenalkan potensi wisata laut yang dimiliki Kabupaten Gunungkidul.

Lomba Rock Fishing Kenalkan Potensi Wisata Baru di Gunungkidul
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Sebanyak 104 tim dari dalam maupun luar Kabupaten Gunungkidul akan memperebutkan Piala Bupati 2019 dalam lomba memancing di atas tebing pada hari Sabtu (27/7/2019) dan Minggu (28/7/2019) esok.

Ketua Handayani Rock Fishing (HRF), Didik Widianto mengatakan, lomba tersebut tidak hanya untuk menyalurkan hobi saja tetapi juga untuk memperkenalkan potensi wisata laut yang dimiliki Kabupaten Gunungkidul.

"Tahun ini ada 104 peserta dari berbagai daerah seperti Wonogiri, Pacitan, Tulungagung, Madiun, Trenggalek, dan Blitar, yang mengikuti lomba kali ini melebih target kami. Event lomba mancing rock fishing ini sudah digelar sejak tahun 2018," katanya, Jumat (27/7/2019).

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

Menurutnya, kegiatan ini dibutuhkan karena selain menyalurkan hobi juga untuk mengenalkan potensi wisata lain yang dimiliki Gunungkidul, selama ini masyarakat mengenal wisata Gunungkidul hanya sebatas pemandangan alam.

"Even seperti ini bisa menjadi wisata minat khusus. Selain itu potensi pesisir wilayah Gunungkidul sangat luar biasa termasuk terdapat titik-titik lokasi yang bisa dijadikan target para pemancing," katanya.

Menurutnya kegiatan seperti ini bisa dijadikan ajang promosi, karena para pemancing dapat menjelajah lokasi-lokasi pantai.

Mengingat garis pantai Gunungkidul terbentang mulai dari kecamatan Girisubo hingga Purwosari.

Antisipasi Serangan Hewan Liar, Warga Gunungkidul Pindahkan Ternak

"Tetap para peserta harus melengkapi diri dengan alat pengaman diri yang baik dan mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan lancar," ucapnya.

Hal senada diungkapkan oleh Ian, anggota HRF.

Menurut dia, Gunungkidul memiliki spot-spot memancing yang bagus, seperti Pantai Gesing atau Pantai Bekah di Kecamatan Purwosari.

“Di titik-titik ini menjadi surga bagi para pemancing karena ikannya sangat melimpah, tak kalah penting memancing adalah kegiatan untuk melatih kesabaran," katanya.

Selain itu dirinya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat yang berada di sekitar pantai.(*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved