Pendidikan

Melalui Riset, Siswa Didorong Tumbuhkan Sensitifitas terhadap Lingkungan

Riset menjadi satu dari beberapa cara mencari solusi dari permasalahan yang ada.

Melalui Riset, Siswa Didorong Tumbuhkan Sensitifitas terhadap Lingkungan
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan kompetisi riset dalam Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia SMP se-Kota Yogyakarta memang untuk menumbuhkan kompetisi sehat di antara siswa.

Meski demikian, ke depan, riset buatan generasi muda ini diharapkan bisa masuk ke tahap selanjutnya yakni kolaborasi.

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

"Kita punya banyak kelompok siswa yang minat risetnya tinggi. Ini menunjukan bahwa siswa di kota punya sensitifitas yang cukup baik untuk melihat perkembangan lingkungannya. Mereka mencari tahu permasalahan dan solusi yang akan diberikan," jelasnya dalam sambutan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia SMP se-Kota Yogyakarta, di Taman Pintar, Rabu (24/7/2019).

Riset, lanjutnya, menjadi satu dari beberapa cara mencari solusi dari permasalahan yang ada.

Ketika anak sejak dini disiapkan mencari solusi masalah di lingkungan, Heroe mengatakan bahwa nantinya anak-anak akan tumbuh dan mempunyai tanggung jawab pada lingkungannya.

Borong Penghargaan Riset Internasional, SMPN 5 Yogya Ditetapkan Sebagai Sekolah Riset

"Mungkin tahun depan perlu untuk mewajibkan 1 SMP mengirimkan kelompok riset sehingga guru didorong jadi motivator anak untuk bisa melakukan riset. Jangan sampai semua riset di kota hanya muncul di segelintir SMP, harapannya bisa dari seluruh SMP," urainya.

Ia menambahkan bahwa Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta diharapkan sudah mulai mengalokasikan dana khusus riset sehingga terfasilitasi dan arah pengembangan riset mampu menjawab permasalahan yang ada di Indonesia.

"Jadi riset anak-anak ini sebenarnya tentang keseharian, tidak jauh dari lingkungan. Misalkan tentang gadget dan baterai. Mereka memiliki sensitifitas untuk mencoba mencari solusi melalui riset," tutupnya.(*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved