Yogyakarta

Jumlah Lansia Terlantar di Yogyakarta Menurun

Pada tahun 2017 angka lansia terlantar ini mencapai sekitar 45.765 jiwa, namun angka tersebut menurun hingga 42.417 di tahun 2018.

Jumlah Lansia Terlantar di Yogyakarta Menurun
internet
ilustrasi lansia 

TRIBUNJOGJA.COM - Jumlah warga lanjut usia (lansia) terlantar di Daerah Istimewa Yogyakarta menyentuh angka 42.417 jiwa.

Dari data yang dimiliki Dinas Sosial DIY, angka lansia terlantar di Yogyakarta mengalami penurunan dan diprediksi akan terus menurun setiap tahunnya.

Pada tahun 2017 angka lansia terlantar ini mencapai sekitar 45.765 jiwa, namun angka tersebut menurun hingga 42.417 di tahun 2018.

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

Atau, menurun sekitar 3.348 jiwa.

“Tren angka lansia terlantar di DIY ini mengalami penurunan. Untuk tahun 2019 ini data belum keluar karena kami tidak update tiap bulan. Seksi program melaksanakannya 1 tahun sekali,” ujar Kepala Dinas Sosial DIY, Untung Sukaryadi kepada Tribunjogja.com, Selasa (23/7/2019).

Mereka yang disebut sebagai lansia terlantar ini sesuai dengan UU nomor 11 tahun 2009 adalah seseorang yang berusia 60 tahun atau lebih karena faktor-faktor tertentu tidak memenuhi kebutuhan dasarnya seperti sandang, papan, pangan dan terlantar secara psikis dan sosial.

Jumlah Lansia di Kota Yogyakarta 13 Persen dari Jumlah Penduduk

Untung menjelaskan, penurunan angka lansia terlantar ini dalam analisis BAB disebutkan bahwa angka harapan hidup tinggi di DIY sangat berpengaruh pada jumlah warga dengan usia 60 tahun ke atas.

Namun, angka lansia terlantar cenderung menurun karena sudah dirawat pihak keluarga atau meninggal dunia.

Selain itu, adanya program-program penanganan dan penyadaran kepada keluarga yang bersangkutan.

Untung menambahkan, beberapa program pemerintah menyasar lansia yang masuk dalam kategori non potensial. (*)

Penulis: ais
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved