Sport

Atlet Pelatnas Turut Ramaikan Kejurnas Judo Kartika Cup XII 2019 di Yogyakarta

DIY didapuk sebagai tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Kartika Cup XII 2019, yang bergulir di GOR Amongraga, Yogyakarta, pada 26-28 Juli.

Atlet Pelatnas Turut Ramaikan Kejurnas Judo Kartika Cup XII 2019 di Yogyakarta
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Panitia Penyelenggara (Kejurnas) Judo Kartika Cup XII 2019 seusai jumpa pers di Yogyakarta, Rabu (24/7). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - DIY didapuk sebagai tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Kartika Cup XII 2019, yang bergulir di GOR Amongraga, Yogyakarta, pada 26-28 Juli.

Lebih kurang 600 atlet dari 28 provinsi bakal ambil bagian dalam ajang tersebut.

Wakil Ketua Penyelenggara Kejurnas Judo Kartika Cup 2019, Amal Tarigan mengatakan, beberapa kelompok umur akan dipertandingkan, baik di kategori putra, maupun putri.

Yakni, meliputi Cadet KU 18 tahun, Junior 19-21 tahun dan Senior 21 tahun keatas.

"Masing-masing mempertandingkan 8 kelas dan juga dipertandingkan pula Nageno-Kata, untuk putra, lalu Yuno-Kata, untuk Putri," tandas pria yang menjabat Komandan Denpom IV/2 Yka itu, Rabu (24/7/2019).

Kejurnas Judo Kartika Cup 2019 Digelar di Yogyakarta

Menariknya, seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Penyelenggara, Nugroho Swasto, diantara 600 peserta ini, terdapat personel tim Pelatihan Nasional (Pelatnas) yang diproyeksikan untuk berlaga di ajang SEA Games 2019, di Manila, bulan November mendatang.

Mengenai hal tersebut, ia sudah mendapat konfirmasi dari dikonfirmasi PB Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI). Menurutnya, turnamen ini menjadi pemanasan bagi atlet-atlet Pelatnas, sebelum turun di gelaran multi sport event tingkat Asia Tenggara itu.

"Jadi, nanti sangat mungkin juga terjadi promosi dan degradasi atlet yang menang di Kejurnas ini. Jika diluar Pelatnas, bisa saja dipromosikan, seperti yang terjadi pada Asian Games kemarin ya," ungkap Nugroho.

Indonesia Minta Federasi Judo Dunia Ubah Regulasi soal Hijab

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum (Ketum) Pengda PJSI DIY, Pradipto merasa sangat terhormat, dengan didapatkan DIY sebagai tuan rumah event bergengsi ini.

Menurutnya, Kejurnas ini merupakan momentum regenerasi bagi atlet judo nasional.

"Kartika Cup ini kejuaraan yang poinnya paling besar di Indonesia ya, sehingga diikuti sebagian besar daerah. Oleh sebab itu, kami sangat bangga bisa ditunjuk PB sebagai tuan rumah," tandasnya.

"Apalagi, selain kelas senior, Kartika Cup juga tetap diselipkan pembibitan, melalui pertandingan kategori Cadet dan Junior," pungkas Pradipto. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved