Mas Ipin, Pariwisata, Ekonomi, dan Kedekatan Trenggalek dengan Yogyakarta

Semangat dan kesungguhan itu dibuktikan dengan kedatangannya ke Gedung Pracimosono, Kepatihan, DIY untuk menjajaki kerja sama Poros Yogya-Trenggalek.

Mas Ipin, Pariwisata, Ekonomi, dan Kedekatan Trenggalek dengan Yogyakarta
surya.co.id/aflahul abidin
Bersepeda bersama bertajuk Tour de Galek, Kamis (18/7/2019). 

TRIBUNJOGJA. COM - Bupati Trenggalek, Jawa Timur, Mochamad Nur Arifin atau yang akrab disapa Mas Ipin begitu semangat dan sungguh-sungguh membangun daerahnya utamanya mendongkrak pariwisata dan ekonomi.

Semangat dan kesungguhan itu dibuktikan dengan kedatangannya ke Gedung Pracimosono, Kepatihan, DIY untuk menjajaki kerja sama Poros Yogya-Trenggalek, Selasa (23/7/2019).

Langkah ini untuk menghidupkan sektor wisata di kawasan wilayah pantai Selatan Jawa. Apalagi hubungan sejarah Yogya dan Trenggalek begitu erat, terlebih dengan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Di antaranya adalah ada peninggalan sejarah dan cerita sejarah yang terkait denga Sultan Hamengku Buwono I dan III.

"Kami berbangga menjadi bagian dari Kraton Yogyakarta. Di Trenggalek ada cucu Sultan HB I dan juga morosepah (mertua) dari HB I, " urai Nur Arifin saat beraudiensi dengan pihak Pemprov DIY di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan.

Melihat kedekatan sejarah ini, Mas Ipin juga menginginkan adanya penancapan identitas untuk beberapa prosesi adat. Pihaknya menginginkan ada pembimbing ataupun protokoler kraton yang bisa melegitimasi atau mengizinkan penggunaan prosesi untuk upacara adat tertentu.

"Kami ingin ada identitas yang ditancapkan karena beberapa prosesi yang ada sama dengan Yogyakarta. Kami mohon izin agar bisa dibimbing untuk hal ini, " jelasnya.

Pihaknya juga berharap agar sejarah ini pun bisa lebih merekatkan kerjasama dengan pihak Pemprov DIY.

Hal ini tak lain karena adanya identitas ini juga menjadi bagian dari lahirnya Kraton Yogyakarta saat itu.

"Kami menyatakan bahwa kami Ngawulo pada Ngarsa Dalem untuk memuliakan rakyat. Bupati Trenggalek Pawitan pun banyak yang keturunan Sri Sultan HB III, " jelasnya.

Halaman
1234
Editor: ribut raharjo
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved