Indonesia Ramah Lansia Wisuda 40 'Simbah-simbah' di Bantul

Mereka memakai busana toga wisuda, lengkap dengan pemberian ijazah sebagai tanda dinyatakan "lulus" telah mengikuti proses pembelajaran

Indonesia Ramah Lansia Wisuda 40 'Simbah-simbah' di Bantul
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Presiden Of Active Aging Consortium In Asia Pasifik (ACAP), Prof Karthryn Braun, memindahkan toga lansia yang diwisuda di Padukuhan Karet, Pleret, Bantul, Selasa (23/7/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Indonesia Ramah Lansia (IRL) mewisuda 40 orang tua lanjut usia (lansia) di Pendopo Padukuhan Karet, Desa Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Selasa (23/7/2019) pagi.

Menariknya, meskipun sudah tidak muda lagi, prosesi wisuda terhadap 40 lansia digelar selayaknya wisuda pada perguruan tinggi.

Mereka memakai busana toga wisuda, lengkap dengan pemberian ijazah sebagai tanda dinyatakan "lulus" telah mengikuti proses pembelajaran.

Direktur IRL, Dwi Endah MPH, mengatakan 40 orang di Padukuhan Karet yang telah mengikuti prosesi wisuda ini merupakan para lansia yang telah mengikuti sekolah lansia selama satu tahun.

Selama satu tahun para lansia diberikan materi pembelajaran, yang meliputi spiritual, sosial, kebencanaan dan kesehatan.

"Kesehatan ini yang paling utama. Para lansia kita ajak praktik senam kaki, diabetes dan terapi tertawa," tuturnya, di sela prosesi wisuda.

Materi tersebut menurutnya sangat penting, supaya lansia bisa menjalani hari tua dengan senang dan bahagia.

Prosesi wisuda kali kedua di Padukuhan Karet, siang itu terasa sangat spesial.

Pasalnya, perwakilan aktivis dari kelembagaan pemerhati lansia level dunia turut hadir.

Terlihat ada Prof. Karthryn Braun yang merupakan Presiden Of Active Aging Consortium In Asia Pasifik (ACAP) dari Amerika dan Prof. Takeo Ogawa, Presiden of Asian Aging Bussiness Center (AABC) dari Jepang.

Mereka terlibat dalam prosesi pemindahan toga para lansia.  (*)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved