Bupati Trenggalek Jajaki Kerjasama Poros Yogya-Trenggalek

Pemkab Trenggalek berharap ada kerjasama poros Yogya-Trenggalek untuk menghidupkan sektor wisata

Bupati Trenggalek Jajaki Kerjasama Poros Yogya-Trenggalek
Tribun Jogja/ Agung Ismiyanto
Bupati Trenggalek, M Nur Arifin, dan jajaran Pemkab Trenggalek menjajaki kerjasama dengan Pemprov DIY. Pemkab Trenggalek menawarkan kerjasama wisata, budaya dan ekonomi di Gedhong Pracimosono Kepatihan, Selasa (23/7/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA. COM, YOGYA - Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menjajaki kerjasama di bidang pariwisata dan ekonomi dengan Pemerintah Provinsi DIY, Selasa (23/7/2019).

Pemkab Trenggalek berharap ada kerjasama poros Yogya-Trenggalek untuk menghidupkan sektor wisata di kawasan wilayah pantai Selatan Jawa.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, menjelaskan penjajakan kerjasama ini tak lain karena Trenggalek memiliki kedekatan sejarah dengan Keraton Yogyakarta.

Di antaranya adalah ada peninggalan sejarah dan cerita sejarah yang terkait dengan Sultan Hamengku Buwono I dan III.

"Kami berbangga menjadi bagian dari keraton Yogyakarta. Di Trenggalek ada cucu Sultan HB I dan juga morosepah (mertua) dari HB I, " urai Nur Arifin saat beraudiensi dengan pihak Pemprov DIY di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Selasa (23/7/2019).

Melihat kedekatan sejarah ini, Bupati Trenggalek juga menginginkan adanya penancapan identitas untuk beberapa prosesi adat.

Pihaknya menginginkan ada pembimbing ataupun protokoler keraton yang bisa melegitimasi atau mengizinkan penggunaan prosesi untuk upacara adat tertentu.

"Kami ingin ada identitas yang ditancapkan karena beberapa prosesi yang ada sama dengan Yogyakarta. Kami mohon izin agar bisa dibimbing untuk hal ini, " jelasnya.

Pihaknya juga berharap agar sejarah ini pun bisa lebih merekatkan kerjasama dengan pihak Pemprov DIY.

Halaman
123
Penulis: ais
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved