Kota Yogya

Pemkot Yogya Punya Perwal Lansia untuk Jamin Kesejahteraan Warga 60 Tahun

Pemkot Yogya punya Perwal tentang Penyelenggaraan Lansia yang menjamin hak dan kesejahteraan warga kota yang berusia 60 tahun ke atas.

Pemkot Yogya Punya Perwal Lansia untuk Jamin Kesejahteraan Warga 60 Tahun
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki Peraturan Walikota (Perwal) 38/2019 tentang Penyelenggaraan Lansia yang menjamin hak dan kesejahteraan warga kota yang berusia 60 tahun ke atas.

Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Agus Sudrajat mengatakan bahwa lansia menjadi bagian dari budaya Jawa yakni sosok yang harus dihormati dan dimuliakan.

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

"Mereka kita porsikan mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Harapan kita, usia harapan hidup di Kota Yogya menjadi cukup tinggi. Nanti piramida penduduk lanjut usia tinggi sehingga bagaimana lansia bisa sehat, produktif, tapi bermanfaat," ucapnya pada Tribunjogja.com, belum lama ini.

Agus menambahkan, agar lansia menjadi produktif, maka lansia yang masih produktif akan diberikan wadah dan tempa.

Dinsos Kota Yogya Dorong Lansia Potensial Mandiri

Ia menegaskan bahwa tujuannya bukan materi tapi aktualisasi diri agar mereka mampu mandiri dan dihargai sehingga usia semakin panjang.

"Kalau apa-apa tidak boleh, mereka merasa tidak ada harapan hidup lagi. Jangan sampai habis manis sepah dibuang," ujarnya. (*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved