Yogyakarta

Festival Video Mapping 'Sumonar' Bakal Digelar di Yogyakarta

Video mapping menjadi salah satu bentuk karya seni yang kini memiliki ruang tersendiri di benak masyarakat.

Festival Video Mapping 'Sumonar' Bakal Digelar di Yogyakarta
Istimewa
jumpa pers Festival Video Mapping Sumonar yang siap diselenggarakan pada 26 Juli hingga 5 Agustus 2019 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Video mapping menjadi salah satu bentuk karya seni yang kini memiliki ruang tersendiri di benak masyarakat.

Bukan hanya hasil visualnya yang elok, seringkali apa yang ingin disampaikan oleh seniman melalui karyanya itu mampu membuka cakrawala baru, di mana hal tersebut bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk manusia di dalam masyarakat.

Tak hanya itu, video mapping tidak hanya membahas tentang bagaimana proses penciptaan video, namun di dalamnya pun terdapat ilustrasi musik, 3D desain, arsitektural, script writing dan masih banyak lagi.

Sleman City Hall Hadirkan Video Mapping dalam Acara Grand Opening Mendatang

Di Yogyakarta sendiri, video mapping sebenarnya telah didengungkan sejak lama oleh para seniman atau orang-orang yang memiliki minat lebih terhadap bidang ini.

Tahun 2013 lalu adalah awal di mana video mapping disajikan kepada khalayak luas dan termasuk ke dalam salah satu program yang ada di Festival Kesenian Yogyakarta (FKY), atau yang tahun ini berganti nama menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta.

Secara konsisten program ini terus dilakukan disetiap tahunnya dan mampu membetuk sebuah kelompok kolektif yang fokus mengembangkan hal tersebut dengan nama Jogjakarta Video Mapping Project (JVMP).

Lima tahun berjalan video mapping menjadi salah satu program yang disajikan kepada khalayak melalui FKY.

Di tahun 2018 gagasan yang telah tercipta sejak lama itu akhirnya berdiri sendiri menjadi bentuk festival dengan nama Jogjakarta Video Mapping Festival (JVMF).

Maka dari itu, di tahun 2019 JVMF pun berganti nama menjadi Sumonar yang siap diselenggarakan pada 26 Juli hingga 5 Agustus 2019 mendatang yang bertajuk “My Place, My Time.”

Jogja Video Mapping Festival Meriahkan FKY 30

Festival Director Sumonar, Ari Wulu menjelaskan, Sumonar merupakan penggabungan dari dua kata, yaitu Sumon dan Sumunar.

Halaman
123
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved