Soccer Style

Askab PSSI Sleman Segera Gulirkan Empat Kasta Kompetisi

Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kabuten Sleman bakal segera menggelar kompetisi internal yang terdiri dari empat kasta diantaranya Liga Super, Liga Ut

Askab PSSI Sleman Segera Gulirkan Empat Kasta Kompetisi
Istimewa
Ketua Askab PSSI Sleman, Wahyudi Kurniawan (tengah) saat memberikan keterangan pada jumpa pers, Senin (22/7/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kabuten Sleman bakal segera menggelar kompetisi internal yang terdiri dari empat kasta diantaranya Liga Super, Liga Utama, Liga 1, dan Liga 2.

Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Sleman, Wahyudi Kurniawan, mengatakan, kompetisi yang diikuti puluhan tim tersebut adalah wujud komitmen Askab dalam upaya pembinaan sepak bola di Bumi Sembada.

Wadahi Silaturahmi Antar Klub, Askab PSSI Sleman Gelar Piala Ramadan 2019

"Organisasi sepak bola sepak bola sebagus apapun program yang dijalankan kalau tidak ada kompetisi ya sama saja, tidak ada ruh nya. Askab PSSI Sleman punya target, bagaimana di Sleman ini yang terdiri hampir 1212 pedukuhan, 86 kelurahan, dan 86 klub anggota Askab bisa dikelola baik. Sehingga, bukan tidak mungkin kita hattrick untuk Porda saja bisa," ujar Wahyudi Kurniawan, Senin (22/7/2019).

Lebih lanjut, Wahyudi mengatakan ada hal yang berbeda dibandingkan kompetisi musim sebelumnya.

Sebab, semua tim yang berkompetisi wajib diarsiteki pelatih minimal berlisensi D Nasional.

Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas kompetisi.

Godean Putra Bidik Juara Liga Super Askab PSSI Sleman

Selain itu, tim 12 tim yang berlaga di Liga Super juga diwajibkan memiliki tim U-16 yang akan berkompetisi di Liga Super Youth Academy.

Wadah bagi pesepak bola muda kelahiran 2003/2004 untuk berkompetisi, yang akan diputar bersamaan dengan tim seniornya.

"Kita berharap bukan hanya berjaya di Porda, tapi ingin meloloskan DIY ke Pekan Olahraga Nasional (PON),dan melalui kompetisi internal Askab Sleman ini bisa menyumbang mayoritas pemain di tim pra PON DIY," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Kompetisi, Aryono menjelaskan, kompetisi internal akan diawali laga play off Liga 2 yang akan dimulai 20 Agustus 2019 mendatang.

Laga play off Liga 2 tersebut bakal diikuti 10 tim, terdiri 5 tim degradasi musim lalu dan ditambah 5 tim baru.

Seusai menggelar play off, kompetisi Liga 2 yang terdiri total 34 tim terbagi dalam 5 grup akan mulai digulirkan 31 Agustus 2019.

Kompetisi Liga 2 Askab Sleman Resmi Digulirkan

Adapun jadwal kick off berikutnya ialah kompetisi Liga 1 yang dimulai tanggal 21 September 2019, Liga Utama digelar 22 Oktober 2019, dan Liga Super akan dipertandingkan 23 November 2019.

Sementara kick off Liga Super Youth Academy U-16 akan dimulai 24 November 2019.

"Peraturan khusus, mulai dari tim Liga 2 sampai Liga Utama minimal 3 pemain U-21 harus masuk line up, sementara untuk Liga Super itu bebas. Selain itu, sekarang ada peraturan tim Liga Super harus punya youth development tim U-16, dan ini akan diputar bersama dengan kompetisi tim utamanya. Hal ini ditujukan sebagai persiapan mereka menuju ke jenjang senior," pungkasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Tribun Jogja
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved