Amien Rais Usul Bagi-bagi Kursi sebagai Syarat Rekonsiliasi Ditolak Partai Koalisi Jokowi

Jokowi dan semua partai koalisi pendukung tidak akan setuju dengan usul yang dilontarkan Amien Rais untuk bagi-bagi kursi sebagai syarat rekonsiliasi.

Amien Rais Usul Bagi-bagi Kursi sebagai Syarat Rekonsiliasi Ditolak Partai Koalisi Jokowi
TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais saat memberikan keterangan kepada wartawan di kediamannya, Condongcatur, Sleman Sabtu (13/7/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Presiden Joko Widodo dan semua partai koalisi pendukung tidak akan setuju dengan usul yang dilontarkan Amien Rais untuk bagi-bagi kursi sebagai syarat rekonsiliasi.

"Rekonsiliasi itu bersama-sama membangun negara, baik di dalam maupun di luar, kalau kemudian mempersyaratkan ini itu saya yakin Pak Jokowi dengan partai-partai koalisi akan keberatan dengan cara itu," ujar Wakil Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid ,di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Gantikan Amien Rais, Lilik Jalan Kaki dari Tugu Yogya ke Jakarta Membawa Wayang Sengkuni

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengusulkan pembagian kursi sebesar 55:45 sebagai syarat dari rekonsiliasi dukungan terhadap pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam lima tahun ke depan.

Jazilul menegaskan bahwa koalisi parpol pendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin tidak dibentuk dengan dasar bagi-bagi kekuasaan.

Oleh sebab itu, jika muncul wacana rekonsiliasi antara dua kubu pendukung pasca-Pilpres 2019, hal tersebut tidak dapat dilakukan melalui pembagian kekuasaan.

"Karena dalam koalisi sendiri enggak pernah itu apa namanya berkoalisi dengan cara bagi-bagi kursi. Koalisinya Pak Jokowi ini sejak awal tidak pernah mempersyaratkan bagi-bagi kursi," kata Jazilul.

"PKB, Nasdem, PDI-P, Golkar atau semua partai yang tergabung itu tidak mempersyaratkan bagi-bagi kursi. Ini aneh tamu baru datang itu malah atur-atur," ucap dia.

Rekonsiliasi ala Amien Rais

Sebelumnya, Amien Rais mengungkapkan dua syarat rekonsiliasi antara kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Kedua syarat itu yakni diterimanya ide yang diajukan kubu Prabowo dan pembagian kursi 55:45. Jika tidak, pihaknya memilih jadi oposisi.

Amien menilai, rekonsiliasi mestinya didasarkan pada kesamaan program atau platform, yakni soal kedaulatan pangan, energi, tanah, hingga air.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved