ADVERTORIAL

Warga Sekitar Mulai Rasakan Imbas Positif Wisata Bukit Beton

Tak hanya karang taruna dan pemuda, para ibu rumah tangga yang tergabung dalam organisasi PKK juga telah merasakan imbas positif.

Warga Sekitar Mulai Rasakan Imbas Positif Wisata Bukit Beton
TRIBUNJOGJA.COM / Susilo Wahid
Spot foto di bukit beton di Padukuhan Dukuh, Banjarasri, Kalibawang, Kulon Progo. 

TRIBUNJOGJA.COM - Kurun waktu hampir dua tahun Bukit Beton dibuka untuk spot foto dan wisata panorama alam, warga sekitar yang masuk Padukuhan Dukuh mulai merasakan efek positif.

Tak hanya karang taruna dan pemuda dari hasil pelayanan ketika kegiatan makrab, para ibu rumah tangga yang tergabung dalam organisasi PKK juga telah merasakan imbas positif.

“Jadi kita ada kebijakan, kalau ada makrab di sini, layanan catering tidak kita pesan dari luar tapi langsung disiapkan oleh ibu-ibu PKK. Sistemnya bergiliran supaya semua RT di Padukuhan Dukuh ini kebagian memasak. Ada warga yang mendapat pemasukan dari berjualan di sekitar bukit. Juga sebagian warga yang dipercaya mengelola area parkir,” kata Nurwanto selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pada Tribunjogja.com.

Harsono adalah satu di antaranya.

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

Pria setempat yang sehari-hari dipercaya mengelola tempat parkir dan membersihakan area sekitar Bukit Beton ini mengaku mulai merasakan imbas positif.

Paling tidak, ia mendapatkan pemasukan tambahan dari mengelola parkir.

Meski jumlahnya masih cenderung fluktuatif, namun perlahan, jumlah kunjungan meningkat.

“Dulu paling rata-rata 20 orang datang tiap hari. Tapi makin ke sini mulai makin banyak yang datang. Bisa sampai 50 orang. Kalau akhir pekan lebih banyak lagi. Tentu banyaknya pengunjung yang datang ini menjadi berkah untuk warga sekitar Bukit Beton. Selain dari jasa parkir, pemilik warung yang buka di sekitar lokasi juga merasakan manfaat,” kata Harsono.

Harsono, sangat berharap agar Bukit Beton terus dikembangkan agar jumlah kunjungan wisatawan bisa meningkat.

Inovasi Warga Dukuh Sulap Dinding Penahan Longsor Menjadi Wisata Bukit Beton

Ia meyakini, ketika banyak orang yang datang maka warga sekitar Bukit Beton seperti dirinya bisa ikut merasakan imbasnya.

Halaman
12
Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved