Tips Merawat Motor Bebek Lawas Agar Tetap Prima dan Tak Gampang Ngadat

Perlu kesabaran lantaran motor lawas tak jarang lebih rentan rewel karena faktor usia part dan mesin.

Tips Merawat Motor Bebek Lawas Agar Tetap Prima dan Tak Gampang Ngadat
Tribun Jogja/ Bramasto Adhy
Andi Rahman (kiri) Pemilik dan Mekanik Bengkel Restorasi Rahma Motor yang berada di kawasan Kalasan Sleman saat menunjukkan salah satu motor garapannya yakni C70 yang tengah direstorasi. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Memiliki motor lawas terlebih tahun 1980-1990an kini memang tengah menjadi tren.

Banyak yang digunakan sebagai klangenan maupun untuk aktivitas sehari-hari.

Namun untuk merawatnya memang membutuhkan ketekunan dan ketelitian.

Perlu kesabaran lantaran motor lawas tak jarang lebih rentan rewel karena faktor usia part dan mesin.

Untuk merawatnya, Andi Rahman salah satu pemilik sekaligus mekanik bengkel motor restorasi di kawasan Kalasan Sleman ini menyebut salah satu bagian paling penting adalah di pengapian.

"Karbu dan busi dipastikan tidak 'klomoh' bensin, karburator juga harus sering dicek," katanya saat disambangi di bengkelnya, Minggu (21/7/2019).

Andi menyarankan agar pengguna motor lawas yang berusia lebih dari 20 tahun membawa cadangan busi dan kain kering untuk mengantisipasi kendala di tengah jalan.

Selain kedua part ini, Andek sapaan akrabnya, menyebut bagian lain yang harus diperhatikan yakni oli dan aki.

Kata Andek, oli tak jarang mulai rembes jika mesin sudah tergolong tua, selain itu, motor lawas lebih sensitif terhadap kondisi oli yang kurang atau tak begitu prima sehingga perlu penggantian oli lebih sering ketimbang motor berusia muda lainnya.

"Kalau biasanya di angka 2000 km, atau dua tiga bulan kalau motor lawas ya paling di angka 1500 km atau sebulan sekali atau sebulang setengah," tambahnya.

Untuk menambah perawatan, Andi menyarankan untuk melakukan perawatan rutin di bengkel yang dipercaya agar ketika berkendara motor tetap nyaman karena semua bagian motor bekerja dengan maksimal.

Menyoal perawatan pada body, alangkah baiknya dilakukan perawatan sewajarnya.

Yang dimaksud Andi ialah membersihkan rutin setiap hari sebelum maupun setelah digunakan beraktivitas seperti agar body tetap terawat dan warna terhindar dari debu yang menyebabkan korosi.

"Bersihin dilap seperti biasa menggunakan lap basah kemudian dikeringkan. Bisa juga ditambah polesan pelindung cat biar tidak mudah kena debu dan korosi karena part motor lawas kan sudah berkurang kekuatannya," timpalnya.  (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved