Pendidikan

Mahasiswa UNY Ciptakan Batalasix, Batu Bata Segi Enam dari Abu Limbah Tulang Sapi yang Tahan Gempa

Tulang tergolong ke dalam jaringan ikat yang memiliki sel dan serabut, terkurung dalam bahan yang keras, maka cocok dengan fungsinya sebagai penunjang

Mahasiswa UNY Ciptakan Batalasix, Batu Bata Segi Enam dari Abu Limbah Tulang Sapi yang Tahan Gempa
istimewa
Mahasiswa UNY Ciptakan Batalasix, Batu Bata Segi Enam dari Abu Limbah Tulang Sapi yang Tahan Gempa 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebagai negara yang banyak di kelilingi gunung aktif, serta berada pertemuan lempeng tektonik, Indonesia menjadi sangat rawan terhadap gempa bumi.

Untuk itu, saat memilih bahan bangunan juga harus memperhatikan kekuatan dan ketahanan akan gempa.

Melihat hal tersebut, sekelompok mahasiswa Fakultas MIPA UNY merancang bahan bangunan tahan gempa tersebut dengan membuat batu bata segi enam berbahan dasar tulang abu sapi yang diberi nama Batalasix.

Sekelompok mahasiswa tersebut terdiri dari Rania Nova Dechandra Prodi Matematika, Siti Vera Lestari Prodi Pendidikan Matematika dan Wakhid Alamsyah Prodi Fisika.

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

Rania Nova Dechandra mengungkapkan, layar belakang pembuatan batu bata segi enam (heksagonal) berbahan dasar tulang abu sapi dikarenakan secara matematika bentuk heksagonal memerlukan lahan lebih hemat 13 persen dan menghasilkan populasi lebih banyak sekitar 15 persen dibanding bentuk segiempat.

Dari hasil penelitian pun menunjukan jika bentuk heksagonal memberikan hasil yang lebih baik dibanding bentuk segiempat.

"Ketika bentuk segienam disusun bersama-sama mempunyai tingkat kerekatan yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh simetri putar segienam yang berjumlah enam buah," terangnya melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com.

Pemilihan tulang sapi sebagai bahan dasar disebabkan tulang tergolong ke dalam jaringan ikat yang memiliki sel dan serabut, terkurung dalam bahan yang keras, sehingga cocok dengan fungsinya sebagai penunjang serta pelindung.

Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Deteksi Dini Tsunami

"Tulang merupakan jaringan yang sangat keras yang matriksnya tersusun dari serat kolagen, senyawa organik (protein), dan senyawa anorganik, seperti Ca3(PO4)2 sebanyak 85%, CaCO3 sebanyak 10%, CaCl2, MgCl2, MgSO4, dan FeSO4," ungkapnya.

Selain itu, abu tulang sapi juga memiliki kandungan senyawa CaO yang dapat digunakan sebagai bahan pengganti semen karena CaO merupakan satu dari beberapa bahan pembuatan semen.

Menurutnya tanah liat juga mengandung senyawa CaO di dalamnya.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved