Bupati Sleman Pastikan Seluruh Embung Bisa Cukupi Kebutuhan Air pada Musim Kemarau Kali Ini

Sri Purnomo memastikan ketersediaan air di wilayahnya rata-rata cukup, untuk memenuhi kebutuhan pertanian dan sehari-hari warga

Bupati Sleman Pastikan Seluruh Embung Bisa Cukupi Kebutuhan Air pada Musim Kemarau Kali Ini
Tribun Jogja/ Alexander Ermando
Bupati Sleman, Sri Purnomo 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Bupati Sleman, Sri Purnomo, memastikan ketersediaan air di wilayahnya rata-rata cukup, untuk memenuhi kebutuhan pertanian dan sehari-hari warga.

Hal tersebut ia sampaikan untuk menjawab bagaimana antisipasi menghadapi kekeringan di puncak musim kemarau.

"Alhamdulillah, semua Embung siap dimanfaatkan, air di tiap Embung juga dalam kondisi cukup," kata Sri Purnomo di Lapangan Pemkab Sleman, Minggu (21/07/2019).

Menurut Sri Purnomo, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Sleman sudah mengimbau warga agar tidak memaksakan diri untuk bertani jika air memang tidak cukup.

Ia juga mengakui beberapa wilayah seperti Prambanan memiliki stok air yang minim saat musim kemarau. Meskipun demikian ia mengklaim para petani tetap mampu memanen hasilnya.

"Sebab manajemen airnya sudah baik. Sumur pompa baik dari bantuan pemerintah dan yang mereka buat sendiri juga berjalan lancar," jelas Sri Purnomo.

Dinas Pariwisata Sleman sendiri melihat adanya potensi dari puluhan Embung yang ada di Sleman untuk menjadi tujuan wisata.

Menurut Sri Purnomo, potensi Embung sebagai tujuan wisata sangat layak diberikan. Mengingat saat ini kondisi hingga fasilitas di sejumlah Embung sudah cukup memadai.

"Embung tidak hanya bisa menjadi tujuan wisata warga Sleman, tetapi juga hingga dari luar DIY," katanya. (*)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved