Berita Bank Mandiri Hari Ini

Soal Kasus Gangguan Sistem, BI Yakin Bank Mandiri Punya Standar Keamanan

Pihaknya yakin, sebagai salah satu bank besar BUMN, Bank Mandiri memiliki regulasi untuk melindungi konsumen

Soal Kasus Gangguan Sistem, BI Yakin Bank Mandiri Punya Standar Keamanan
Kompas.com/Heru Sri Kumoro
Ilustrasi: Bank Mandiri Error, Nasabah Keluhkan Perubahan Saldo di Rekening 

TRIBUNJOGJA.COM - Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko mengimbau agar masyarakat tak khawatir atas gangguan sistem yang mengakibatkan saldo nasabah Bank Mandiri teracak pada Sabtu (20/7/2019).

Pihaknya yakin, sebagai salah satu bank besar BUMN, Bank Mandiri memiliki regulasi untuk melindungi konsumen dan memiliki standar atau aturan keamanan yang berlaku.

Semua Layanan Bank Mandiri Akhirnya Pulih, Nasabah Sudah Bisa Transaksi

Uang di Rekening Bank Mandiri Anda Belum Kembali? Segera Lakukan Cara Ini

"Misalnya (Bank Mandiri) melaksanakan business contingency plan (BCP), melakukan back up atas data transaksi, dan prosedur resolusi apabila terjadi dispute seperti jika ada kasus perbedaan jumlah saldo," kata Onny dalam keterangannya, Sabtu (20/7/2019).

Pihaknya juga berharap Bank Mandiri dapat segera mengatasi permasalahan gangguan sistem, mengingat pihak bank juga telah lakukan komunikasi dan menjamin keamanan dana nasabah kepada masyarakat.

Bank Mandiri Error, Saldo Berkurang Hanya Menimpa 10 Persen Nasabah

"Kita melihat pihak Bank Mandiri telah mengambil langkah untuk mengatasi hal ini dengan memperbaiki sistem dan telah menyatakan bahwa dana nasabah aman," tambahnya.

Bank Indonesia sebagai salah satu otoritas perbankan di Indonesia akan tetap mengawal proses perbaikan sistem dan jaminan perlindungan konsumen (nasabah) terlebih Bank Mandiri telah memberikan pernyataan terkait keamanan dana nasabah.

Sistem Kembali Normal, Nasabah Mulai Tinggalkan Kantor Bank Mandiri Sudirman Yogyakarta

"Dari pihak BI tentunya terus berkomunikasi dan memantau proses penyelesaian. Dan tentu, BI mengawal terus pelaksanaan aturan perlindungan konsumen," tutupnya.

BI juga mengimbau masyarakat atau nasabah untuk tetap tenang, dan jika ingin tahu tentang saldo dan keamanan rekeningnya, dapat mengkonfirmasi/cek kepada bank yang bersangkutan, agar memperoleh informasi yang benar terkait keamanan saldo rekeningnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved