Kota Yogya

Kecamatan Kotagede Luncurkan Pelayanan Kependudukan Keluar Bersama Daftar 1 Dapat 5

Kecamatan Kotagede meluncurkan pelayanan kependudukan Keluar Bersama Daftar 1 Dapat 5 di Pendopo Kecamatan Kotagede, Jumat (19/7/2019).

Kecamatan Kotagede Luncurkan Pelayanan Kependudukan Keluar Bersama Daftar 1 Dapat 5
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Caption: Camat Kotagede, Rajwan Taufiq saat menandatangani kerjasama pelayanan Keluar Bersama disaksikan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Jumat (19/7/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kecamatan Kotagede meluncurkan pelayanan kependudukan Keluar Bersama Daftar 1 Dapat 5 di Pendopo Kecamatan Kotagede, Jumat (19/7/2019).

Camat Kotagede, Rajwan Taufia menjelaskan bahwa warga yang akan mengurus dokumen kependudukan akan lebih mudah dan cukup datang ke kecamatan.

"Jadi awalnya ada 3in1 yang merupakan layanan dari Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) yakni akte kelahiran, KIA (Kartu Identitas Anak), dan KK (Kartu Keluarga)," ujarnya pada Tribunjogja.com.

Lalu pihaknya menambahkan dua pelayanan lain yakni berupa Buku Kesehatan Ibu dan Anak yang dikerjasamakan dengan Puskesmas Kotagede 1 dan 2.

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

Selanjutnya juga NIK atau Nomor Induk Kependudukan yang bisa didapatkan di kecamatan saat mengurus dokumen kependudukan.

"Kerjasama yang kita lakukan dengan Puskesmas adalah pemantauan ibu hamil yang dapat dilihat di buku kesehatan ibu dan anak," urainya.

Ke depan, Rajwan menjelaskan bahwa pihaknya tidak akan berhenti di Daftar 1 Keluar 5 namun menjadi Keluar 6 dengan tambahan berupa buku Keluarga Berencana (KB).

"Jadi kami juga akan mendorong pasangan yang baru melahirkan untuk mengikuti program KB," ucapnya.

Kepala Disdukcapil Kota Yogyakarta, Sisruwadi menjelaskan bahwa minggu depan, seluruh kecamatan di Kota Yogyakarta akan menandatangani kesepakatan bersama untuk menerapkan pelayanan Keluar Bersama tersebut.

Halaman
123
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved