Kota Magelang

DataGO dari Kota Magelang Dapat Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

MenpanRB, Syafruddin, sendiri mengatakan, tahun 2019 ini ada 330 kementerian/lembaga/Pemda dan 3.156 proposal inovasi yang dihasilkan.

DataGO dari Kota Magelang Dapat Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik
istimewa
MenpanRB Syafruddin menyerahkan penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 kepada Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina di Hotel Gumaya Semarang, Kamis (18/7/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Inovasi dari Kota Magelang, Data Kota Magelang Open (DataGO) mendapatkan penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB).

"Kita patut berbangga karena inovasi DataGo kita diapresiasi, menjadi penyumbang untuk Jawa Tengah, dimana provinsi kita ini menjadi provinsi terbanyak yang menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019," kata Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina, usai menerima langsung penghargaan dari MenpanRB, Syafruddin di Hotel Gumaya Semarang, Kamis (18/7/2019).

Kota Magelang Bebas Kawasan Kumuh Akhir Tahun 2019

DataGo sendiri adalah inovasi yang digagas oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang.

Aplikasi ini disusun untuk memudahkan masyarakat, khususnya peneliti, untuk mengetahui informasi Kota Magelang secara akurat.

Inovasi ini dirintis sejak akhir 2014 ini merupakan komitmen Pemkot Magelang untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang valid, terkini dengan akses yang mudah dan murah.

DPRD Manokwari Belajar Pengawasan Peredaran Miras ke Pemkot Magelang

"Ini komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Di sisi lain, kami mendorong semua OPD di Kota Magelang untuk tidak berhenti berinovasi dan kreatif sesuai bidang masing-masing, demi meningkatkan pelayanan publik. Penghargaan ini diharapkan jadi motivasi bersama," kata Windati.

MenpanRB, Syafruddin, sendiri mengatakan, tahun 2019 ini ada 330 kementerian/lembaga/Pemda dan 3.156 proposal inovasi yang dihasilkan.

Jumlah ini meningkat dari tahun 2018 yang mencapai 2.824 proposal inovasi.

"Tahun ini banyak sekali inovasi yang masuk. Total dari tahun 2014 sampai sekarang jumlahnya 13.214 inovasi publik. Inovasi lahir seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat serta dinamika perubahan yang sangat cepat di semua lini kehidupan," ucapnya.

Pemkot Magelang Tangani Enam Kasus Kekerasan Seksual, Satu Masuk Proses Hukum

Menurutnya, tugas negara adalah untuk hadir dan menjamin agar masyarakat memperoleh haknya dengan terobosan inovasi, kreasi, pelayanan yang semakin baik, menyentuh harapan masyarakat untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan.

"Saya apresiasi seluruh kementerian/lembaga/pemda yang telah gigih bekerja untuk melayani rakyat, seluruh inovasi yang lahir adalah yang terbaik untuk Indonesia," ungkapnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved