Yogyakarta

Pentingnya Wujudkan Ukhuwah Islamiyah untuk Perkokoh NKRI Pasca-Pemilu

Dalam pengajian disampaikan bahwa ukhuwah islamiyah merupakan elemen sangat penting dalam merajut tali silaturahmi yang dapat memperkuat persatuan dan

Pentingnya Wujudkan Ukhuwah Islamiyah untuk Perkokoh NKRI Pasca-Pemilu
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Pengajian bertajuk Ukhuwah Islamiyah untuk mewujudkan NKRI yang dilaksanakan Teras Dakwah, Nitikan, Sorosutan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Rabu (17/7/2019) malam 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ratusan umat muslim di Yogyakarta menghadiri acara Ngaji Bersama Presidium Forum Ukhuwah Islamiyah Ustaz Syukri Fadholi, di Teras Dakwah, Nitikan, Sorosutan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Rabu (17/7/2019) malam.

Turut hadir dalam pengajian yakni Kasubdit I Dit Intelkam Ustadz AKBP Hasan Rosyadi SAg yang mewakili Kapolda DIY serta Ketua Teras Dakwah Ustaz Muhammad Akhid Subiyanto,

Dalam pengajian disampaikan bahwa ukhuwah islamiyah merupakan elemen sangat penting dalam merajut tali silaturahmi yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan paska diselenggarakannya Pemilu 2019 ini.

Muda-mudi Dusun Sebayu Tuangkan Kreatifitas Lewat Film Dakwah

Ustaz Akhid penggagas acara pengajian ini berharap masyarakat Indonesia khususnya umat muslim bisa tetap menjaga marwah Islam sebagai agama yang rahmatan Lil Alamin.

Ustaz Akhid juga berharap kepada kaum muslim dan masyarakat di Yogyakarta dapat bersikap cerdas dan tegas menolak semua berita hoax, ujaran kebencian, isu sara dan provokasi yang dapat memecah belah kehidupan berbangsa dan bernegara ini.

"Kondisi berpolitikan saat ini pasca pileg dan pilpres 2019 seyogyanya dapat semakin mematangkan dan mendewasakan masyarakat dari berbagai lapisan dengan berdemokrasi yang bermartabat sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia," ujarnya, kemarin.

Sementara itu, Ustaz Syukri meyakini perlunya konsep 'Trilogi Ukhuwah' yakni Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam), Ukhuwah Wathaniyah (persaudaraan dalam ikatan kebangsaan) dan Ukhuwah Basyariyah (persaudaraan sesama umat manusia).

Hal ini untuk menjaga hubungan baik antara masyarakat, agama dan negara.

"Ukhuwah menjadi sebuah ikatan, tidak saja secara emosional, namun juga secara sprititual, persaudaraan, dan rasa kemanusiaan," terangnya.

Muswil, Tanggung Jawab Pemuda Muhammadiyah Harus Bisa Wujudkan Dakwah Menggembirakan

Ustaz Syukri menegaskan, semua unsur aparatur kepolisian, umat Islam, masyarakat, mahasiswa, harus merekatkan kembali kehidupan berbangsa yang seolah terbelah dalam kurun 7 bulan terakhir.

"Umat Islam wajib mendukung jika pemerintah benar, dan menegur sekaligus meluruskan jika pemerintah keliru," jelasnya.

Senada, Ustaz Hasan menekankan tentang tugas utama kepolisian yakni memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), melakukan penegakan hukum, dan melindungi mengayomi dan melayani masyarakat tanpa kecuali.

"Masyarakat Indonesia sangat majemuk rasa persaudaraan dan memiliki NKRI mutlak diperlukan. Dengan keamanan, kesejahteraan baru akan bisa tercapai karena ekonomi bisa tumbuh dengan masuknya investasi," imbuhnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved