Kota Yogyakarta

Pemkot Yogya Raih Penghargaan Top 99 Pelayanan Publik

Penghargaan diserahkan oleh Menpan RB, Syafrudin dan diterima oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

Pemkot Yogya Raih Penghargaan Top 99 Pelayanan Publik
Istimewa
Inovasi layanan pengisian surat pemberitahuan pajak daerah elektronik atau (e-SPTPD) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya berhasil meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Penghargaan diserahkan oleh Menpan RB, Syafrudin dan diterima oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi pada Kamis (18/7/2019) di Semarang 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Inovasi layanan pengisian surat pemberitahuan pajak daerah elektronik atau (e-SPTPD) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya berhasil meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Penghargaan diserahkan oleh Menpan RB, Syafrudin dan diterima oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

Dalam kesempatan tersebut, Menpan RB, Syafruddin menyampaikan, pemerintah pusat akan selalu mendorong inovasi-inovasi yang bersifat lokal dan instansional, tak sampai disitu inovasi tersebut akan diterapkan secara nasional dan diangkat serta dijadikan program nasional.

“Salah satunya inovasi milik Pemkot Yogya yakni pengisian Surat Pemberitahuan Pajak Daerah secara elektronik atau (e-SPTPD)” ujarnya usai menyerahkan penghargaan, Kamis (18/7/2019) di Semarang.

Bayar PBB Selama Agustus 2019, Pemkot Yogya Hapus Denda

Bahkan Ia sangat mengapresiasi inovasi tersebut, pasalnya inovasi seperti e-SPTPD di daerah lain belum banyak yang mengaplikasikan.

Ia menyebut jika e-SPTPD milik Pemkot Yogya merupakan aplikasi yang sangat mendukung program smart city, karena dengan aplikasi ini, membuat pelaporan dan pembayaran pajak daerah menjadi lebih mudah, cepat dan aman.

“Itu karena memungkinkan wajib pajak hotel, restoran, hiburan dan parkir untuk melaporkan dan membayar pajak secara online” jelasnya.

Hal senada dikatakan Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, menurutnya, e-SPTPD hadir sejalan dengan misi Pemkot Yogya untuk mewujudkan Kota Yogya sebagai Smart City.

“Dengan e-SPTPD wajib pajak dapat menyelesaikan kewajibannya dalam melaporkan dan membayar pajak hanya dalam waktu lima menit saja,” ungkapnya.

Pemkot Yogyakarta Perlu Pikirkan Lanjutan Program Kotaku

Menurutnya, e-SPTPD dapat diakses melalui perangkat yang terhubung dengan internet melalui situs https://sptpd.jogjakota.go.id dan telah terintegrasi dengan aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved