Gunungkidul

Nelayan Pantai Ngrenehan Alami Paceklik Ikan

Nelayan harus rela melaut hingga dekat dengan Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul jika ingin mendapatkan ikan.

Nelayan Pantai Ngrenehan Alami Paceklik Ikan
TRIBUNJOGJA.COM / Wisang Seto Pangaribowo
Endro saat memeriksa satu persatu mata kail miliknya, Kamis (18/7/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Paceklik iklan dialami oleh nelayan Pantai Ngrenehan, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari.

Setidaknya paceklik ikan dialami sejak dua bulan terakhir.

Seorang nelayan Pantai Ngrenehan, Wasidin mengatakan, dirinya bersama nelayan lainnya harus rela melaut hingga dekat dengan Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul jika ingin mendapatkan ikan.

"Ikan yang didapat juga tidak sesuai harapan, belum lama ini kami melaut ke Parangtritis dan hanya mendapatkan uang sebanyak Rp 200 ribu," katanya pada Tribunjogja.com, Kamis (18/7/2019).

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

Menurutnya dengan hasil tersebut tidak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, uang yang didapat sebesar itu hanya digunakan untuk biaya melaut pulang pergi.

Ia bersama nelayan lainnya menangkap ikan dengan menggunakan pancing.

"Senar dengan ujung mata kail ditenggelamkan lalu ditunggu setelah beberapa jam baru diangkat. Biasanya ada beberapa yang tersangkut pada mata kail," katanya.

Menurutnya jika saat musim ikan satu kapal bisa menangkap hingga 1 ton, dan hanya membutuhkan beberapa jam saja mendapatkan ikan sebanyak itu jika saat musim ikan.

"Tadi saya tidak mendapatkan apa-apa, untuk menambah penghasilan. Saya biasanya menjadi buruh tani. Biasanya musim ikan pada bulan 9 hingga 10, saat bulan-bulan itu biasanya ikan banyak," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved