Sleman

Inixindo Dorong Sinergitas Pemerintah Daerah Wujudkan Transformasi Digital

Inixindo perusahaan penyedia layanan teknologi informasi Inixindo juga memberikan step by step konkret d

Inixindo Dorong Sinergitas Pemerintah Daerah Wujudkan Transformasi Digital
Tribunjogja.com | Wahyu Setiawan
Andi Yuniantoro Direktur Inixindo Yogyakarta saat membuka acara bertajuk 'SIAP (Step by Step Integrated Action Pemerintah Daerah) Transformasi Digital' yang dilaksanakan di Ballroom Marriott Yogyakarta Hotel, Kamis (18/7/2019). 

Laporan Reporter Tribunjogja.com | Wahyu Setiawan 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Inixindo sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan teknologi informasi menggelar acara bertajuk 'SIAP (Step by Step Integrated Action Pemerintah Daerah) Transformasi Digital' yang dilaksanakan di Ballroom Marriott Yogyakarta Hotel, Kamis (18/7/2019).

Hal ini untuk mendorong pemerintah daerah untuk mulai mensinergikan layanan digital di wilayahnya.

Hal ini berkaca pada keputusan pemerintah melalui Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

Andi Yuniantoro Direktur Inixindo Yogyakarta menjelaskan acara ini merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya seperti yang diamanatkan dalam perpres tersebut.

"Penerapan SPBE ini melibatkan berbagai instansi pemerintah dari beberapa kementerian dan badan pemerintah,"

"Di sisi lain, pemerintah daerah juga dituntut untuk menerapkan konsep smart city di wilayah masing-masing. Ini perlu sinergitas," bebernya.

Andi Yuniantoro Direktur Inixindo Yogyakarta saat membuka acara bertajuk 'SIAP (Step by Step Integrated Action Pemerintah Daerah) Transformasi Digital' yang dilaksanakan di Ballroom Marriott Yogyakarta Hotel, Kamis (18/7/2019).
Andi Yuniantoro Direktur Inixindo Yogyakarta saat membuka acara bertajuk 'SIAP (Step by Step Integrated Action Pemerintah Daerah) Transformasi Digital' yang dilaksanakan di Ballroom Marriott Yogyakarta Hotel, Kamis (18/7/2019). (Tribunjogja.com | Wahyu Setiawan)

Ia menyebut saat ini proses transformasi digital untuk tata kelola pemerintahan serta upaya menuju smart city belum terintegrasi secara baik.

Hal ini membuat kebijakan digital yang dilakukan terkesan berjalan sendiri-sendiri dan tumpang tindih.

"Kesan berjalan sendiri-sendiri itu masih terlihat. Padahal kalau kita lihat ini sebenarnya bisa diambil rangkaian yang tersinergi antara pemerintahan untuk mendigitalisasikannya," tandasnya.

Dalam kegiatan ini, Inixindo juga memberikan step by step konkret dari berbagai aspek penerapan smart city, smart province dan SPBE yaitu people, process, dan technology sebagai kesatuan program digitalisasi pemerintahan dalam acara yang dihadiri ratusan peserta dari seluruh Indonesia tersebut.

Turut hadir dalam acara tersebut ialah Diskominfo, Bappeda, dan Badan Keuangan Daerah dari pemerintah kota/kabupaten hingga provinsi.

"Peserta juga mendapatkan arsitektur integrasi smart city, smart province dan SPBE, serta kepastian regulasi dari kementerian dan lembaga terkait," tambahnya.

Dalam acara SIAP Transformasi Digital ini juga dilakukan asesmen mandiri online indeks SPBE dan Indeks KAMI (Keamanan Informasi) sebagai ukuran target kinerja, dan bank inovasi layanan smart city acara ini yang diisi oleh Direktur Egov Kemenkominfo, Kepala BPPT Indonesia, Kemenpan RB, Dan Deputi bidang proteksi BSSN. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: iwe
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved