Bisnis

Bankir Optimistis Penurunan Suku Bunga Acuan BI Geliatkan Dunia Usaha

Bank Indonesia (BI) akhirnya memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan senilai 25 bps menjadi 5,75% pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang digelar Ra

Bankir Optimistis Penurunan Suku Bunga Acuan BI Geliatkan Dunia Usaha
net
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bank Indonesia (BI) akhirnya memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan senilai 25 bps menjadi 5,75% pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang digelar Rabu dan Kamis (17-18/7/2019).

Kebijakan tersebut ditempuh sejalan dengan tetap rendahnya prakiraan inflasi dan perlunya mendorong momentum pertumbuhan ekonomi, di tengah kondisi ketidakpastian pasar keuangan global yang menurun dan stabilitas eksternal yang terkendali.

Menanggapi kebijakan tersebut, Direktur Pemasaran Bank BPD DIY, Agus Trimurjanto mengatakan, penurunan tersebut tidak secara serta merta berdampak pada pertumbuhan dana dan kredit.

Wow! Utang Negara China Pecahkan Rekor, Tembus 40 Triliun Dolar

Bank Indonesia Sebut Inflasi Bulan Juni di DIY Tergolong Rendah

Namun, secara umum apabila suku bunga bank rendah maka akan berdampak pada iklim usaha yang semakin bergairah dan turut menumbuhkan penyaluran kredit.

Agus optimistis penyaluran kredit hingga akhir tahun oleh BPD DIY akan tumbuh hingga sebesar 14,6% akan tercapai.

"Hingga semester I 2019, kami telah membukukan penyaluran kredit hingga 7,9 triliun," ucapnya saat dihubungi, Kamis (18/7/2019).

Cashlez Kantongi Izin Resmi dari Bank Indonesia Sebagai Penyelenggara Payment Gateway

Namun demikian, Area Head Mandiri Yogyakarta, Linda Permatasari memandang, penurunan suku bunga acuan berimbas pula pada turunnya suku bunga deposito sehingga menjadi kurang kompetitif.

"Nasabah jadi tidak tertarik dengan deposito dan akan memilih ke investasi lainnya," ujarnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved