UII Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Penyelenggaraan MONEV PKM 2019

MONEV tahun ini, UII mengusung tema “Menginspirasi dengan Karya Inovasi untuk Negeri”

UII Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Penyelenggaraan MONEV PKM 2019
dok.pri/ istimewa
Universitas Islam Indonesia (UII) pada tahun ini kembali dipercaya oleh Kemenristekdikti sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Universitas Islam Indonesia (UII) pada tahun ini kembali dipercaya oleh Kemenristekdikti, sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang.

Kegiatan MONEV yang merupakan tahap penjurian untuk menentukan peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ini berlangsung pada 16–18 Juli 2019.

MONEV PKM 5 Bidang menghadirkan dua reviewer nasional yakni Dr Ir Anik Martinah Hariati MSc (Universitas Brawijaya) dan Prof Dr I Nyoman Sucipta MP (Universitas Udayana).

Kegiatan ini diikuti oleh Tim PKM dari 4 perguruan tinggi yakni UII sebanyak 47 tim, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) sebanyak 16 tim, Universitas Janabadra (UJB) 1 tim dan Politeknik Mekatronika Sanata Dharma 1 tim.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan & Alumni UII, ,Rohidin menyampaikan kesediaan UII sebagai tuan rumah MONEV PKM 5 Bidang untuk keempat kalinya sejak 2015 ini merupakan wujud komitmen UII dalam mendukung kreativitas dan inovasi mahasiswa yang diimplementasikan dalam capaian kegiatan PKM.

"PKM merupakan salah satu program unggulan kegiatan pembinaan kemahasiswaan di UII dalam melatih dan mengembangkan kemampuan mahasiswa baik yang terkait dengan dimensi kognisi, afektif, maupun psikomotorik," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com, Rabu (17/7/2019).

Rektor UII, Fathul Wahid menyampaikan PKM menjadi sebuah anak tangga yang dapat meningkatkan produk sebuah perguruan tinggi.

"Perguruan tinggi dapat dilihat dari hasil produk yang bersifat akademis. Produk tersebut berupa ilmu pengetahuan, teknologi tepat guna dan inovasi yang dapat memberikan kemanfaatan," kata dia.

MONEV tahun ini, UII mengusung tema “Menginspirasi dengan Karya Inovasi untuk Negeri” yang merefleksikan semangat generasi muda Indonesia untuk berkontribusi pada bangsa dan negara dengan menghadirkan inovasi.

Berbagai inovasi hasil kegiatan PKM ini diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa untuk mampu berkolaborasi dan bersinergi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kemajuan bangsa. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved