Kota Yogya

DLH Kota Yogya Kembangkan Aplikasi Silaling

Silaling menyasar perusahaan khusus dan dokumen yang diunggah bukan untuk konsumsi orang kebanyakan.

DLH Kota Yogya Kembangkan Aplikasi Silaling
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Kabid Pengembangan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Very Tri Jatmiko saat memberikan sosialisasi terkaot Silaling. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta mengembangkan sebuah aplikasi Silaling atau Sistem Informasi Lapor Lingkungan.

Kabid Pengembangan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Very Tri Jatmiko menjelaskan dengan adanya Silaling, perusahaan tidak perlu membuat buku laporan namun cukup mengisi data secara online.

"Sesuai kesepakatan ini diterapkan mulai tahun 2019. Kalau dulu, perusahaan harus membuat buku laporan yang dibawa ke kami dan ditembusi ke DLH Provinsi. Penyusun laporan akan kesulitan dan terbebani," ungkapnya saat ditemui seusai sosialisasi Silaling di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Kota Yogyakarta, Rabu (17/7/2019).

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

Melalui Silaling, lanjutnya, mereka langsung memasukkan data limbah yang dihasilkan.

Kewajiban ini untuk perusahaan yang memiliki dokumen Amdal di mana mereka harus melaporkan kondisi limbahnya.

Misalkan hotel, rumah sakit, rumah makan, percetakan, dan sebagainya. Ketika kondisinya belum sesuai baku mutu, maka harus diolah lagi.

"Misalkan untuk laporan limbah cair itu tiga bulan sekali, tapi pemeriksaan setiap bulan. Ada juga yang per semester. Jadi beda-beda untuk pelaporannya," ungkapnya.

Disinggung mengenai kepatuhan untuk melaporkan limbah perusahaan, Very menuturkan bahwa alasan mereka untuk tidak melapor bukan karena mangkir, namun karena tidak tahu bila harus membuat dokumen lingkungan.

Selain itu, alasan lainnya adalah perusahaan tidak memiliki SDM untuk menyusun laporan.

Halaman
123
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved