Yogyakarta

DIY Raih Penghargaan dari Kemenkumham

Apresiasi diberikan atas komitmen Pemda DIY yang konsisten menjaga dan mengembangkan kekayaan intelektual khususnya yang berada di wilayah DIY.

DIY Raih Penghargaan dari Kemenkumham
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Hamonangan Laoly meminta seluruh pemerintah daerah untuk melakukan inventarisasi pada kekayaan intelektual baik personal maupun komunal.

Hal ini agar tidak ada lagi negara lain yang melakukan klaim terkait kekayaan budaya dan intelektual.

“Ini adalah sosialisasi karena Indonesia kaya dengan budaya dan tari maupun pengetahuan perlu dilindungi, tidak hanya paten dan merk. Pemerintah Yogya responsif, dan kami berusaha melindungi itu,” katanya usai menyerahkan penghargaan kepada Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Keraton Yogyakarta, Puro Pakulaman serta Pemerintah Kabupaten/Kota di DIY di Bangsal Kepatihan, Rabu (17/7/2019).

Adapun penyerahan penghargaan tersebut dilakukan setelah penandatangan Nota Kesepahaman Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) yang ditandatangani langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Yasonna Hamonangan Laoly serta disaksikan oleh Dirjen HAM, Pimpinan Tinggi Madya, Kakanwil Hukum HAM DIY dan Jateng, Forkopimda DIY, Pimpinan Tinggi Pratama, dan Pimpinan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

Dalam kesempatan tersebut, Yasonna juga turut membuka upaya sosialisasi KIK.

Yasonna menuturkan bahwa penandatangan nota kesepahaman ini merupakan wujud dan komitmen yang kuat dari Pemda DIY untuk ikut serta dalam memajukan dan memperkuat sistem kekayaan intelektual nasional.

Apresiasi yang tinggi diberikan atas komitmen Pemda DIY yang konsisten menjaga dan mengembangkan kekayaan intelektual khususnya yang berada di wilayah DIY.

Di sisi lain, Yasonna menambahkan bahwa sistem kekayaan intelektual tak hanya berfungsi untuk memberikan perlindungan hukum namun juga tidak bisa dilepaskan dari dunia perdagangan dan investasi.

Dalam forum perdagangan internasional, pembahasan mengenai sistem kekayaan intelektual menjadi hal sentral.

Untuk itu, tentunya diperlukan komitmen dan perhatian khusus untuk memajukan dan menjaga sistem kekayaan intelektual seperti halnya yang dilakukan oleh Pemda DIY.

POlda DIY Ungkap Kasus Dugaan Penambangan Ilegal dan Menahan 10 Tersangka

Halaman
12
Penulis: ais
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved