Pendidikan

UGM Uji Coba Amphibi Gama V2

UAV Amphibi menjadi wahana yang luwes untuk memantau berbagai jenis bencana seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, kebakaran dan angin ribut.

UGM Uji Coba Amphibi Gama V2
TRIBUNJOGJA.COM / Amalia Nurul
Tim peneliti UGM uji coba penerbangan UAV Amphibi Gama V2, Selasa (16/7/2019) di Laguna Muara Kali Opak, Pantai Samas, Srigading, Sanden, Bantul. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Sebuah pesawat mini meluncur di atas air, perlahan, bersiap lepas landas mengangkasa.

Sedikit demi sedikit, badan pesawat terangkat dari permukaan air kemudian melesat tinggi ke udara.

Pemandangan tersebut merupakan demo uji coba penerbangan wahana Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Amphibi Gama V2 hasil penelitian tim peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Selasa (16/7/2019) siang di Laguna Muara Kali Opak, Pantai Samas, Srigading, Sanden, Bantul.

Pesawat tersebut dikembangkan sejak 2015 dan merupakan pesawat terbang tanpa awak amfibi generasi kedua dari pengembangan pesawat UAV Gama UX 628.

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

Tri Kuntoro mengungkapkan, ide untuk membuat drone berjenis fixed wings ini muncul setelah timnya melakukan pemotretan udara untuk menganalisa potensi dan risiko bahaya banjir di Tanjung Selor, Kalimantan Utara.

"Salah satu pengalaman kami di Kalimantan Utara, daerahnya rawa-rawa sulit untuk take off dan landing," ujarnya.

Pesawat ini pun didesain memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat di atas permukaan air maupun darat.

"Kelebihannya bisa tinggal landas dan landing di air. Di mana di daerah tertentu agak kesulitan karena kondisinya," paparnya.

Dengan kemampuan ini, UAV Amphibi menjadi wahana yang luwes untuk memantau berbagai jenis bencana seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, kebakaran dan angin ribut.

"Pesawat ini untuk mitigasi bencana, untuk mengamati ketika terjadi bencana. Seperti Merapi untuk menentukan dan mengukur seberapa banyak material itu ada dan perlu diwaspadai. Selebihnya untuk pemotretan terkait bencana," jelas Tri.

Tak Lolos di Jalur UTUL UGM, Masih Ada Kesempatan Daftar di SV UGM Jalur Nilai UTUL

Halaman
123
Penulis: amg
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved