Bisnis

Terkait Tingginya Harga Cabai, Perlu Koordinasi Lintas Daerah

Aris bilang, koordinasi antar instansi diperlukan guna menentukan tingkat permintaan dan penawaran yang tepat agar harga stabil.

Terkait Tingginya Harga Cabai, Perlu Koordinasi Lintas Daerah
Tribun Jogja/ Andreas Desca
Seorang pedagang cabai di Pasar Kranggan Yogyakarta, Senin (15/7/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Aris Riyanta mengatakan tingginya harga jual cabai mesti disikapi oleh berbagai stakeholder berbagai wilayah secara nasional.

Aris bilang, koordinasi antar instansi diperlukan guna menentukan tingkat permintaan dan penawaran yang tepat agar harga stabil.

"Dalam skala regional memang diperlukan koordinasi lintas wilayah dan instansi, termasuk informasi tentang masa panen dan distribusinya," kata Aris belum lama ini.

Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp 60 Ribu per Kilogram

Ia menyebut, semisal harga jual cabai yang tembus di angka Rp60 ribuan per kg di DIY bisa di atasi dengan memasok cabai dari daerah lain yang tingkat harga yang rendah serta stok yang berlebih.

"Koordinasi memang mesti lintas provinsi. Upaya ini memang diperlukan untuk menekan harga. Tapi jangan sampai daerah yang kurang malah mensupplay ke luar daerah, makanya keterlibatan berbagai instansi diperlukan," ujarnya.

Upaya tersebut memang tidak mudah tercapai. Apalagi, kecenderungan orang akan menjual ke wilayah dengan harga jual yang tinggi.

Maka itu, tata niaga pertanian dimulai dari tingkat petani sangat diperlukan.

Pedagang di Pasar Kranggan Yogyakarta Turut Keluhkan Naiknya Harga Cabai

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag DIY, Yanto Apriyanto mengakui, saat ini liberalisasi perdagangan masih berlaku di masyarakat.

Pemerintah belum bisa mengintervensi secara langsung distribusi bahan pokok.

"Sementara ini untuk distribusi memang belum. Harga juga memang agak merata secara nasional. Kalau pun mau mendatangkan dari luar daerah harga juga kemungkinan sama karena biaya kirim," urainya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved