Kadinkes Sleman Imbau Warga Perhatikan Kebersihan Makanan dan Air saat Musim Kemarau

Joko pun menyampaikan sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah warga terjangkit penyakit tersebut.

Kadinkes Sleman Imbau Warga Perhatikan Kebersihan Makanan dan Air saat Musim Kemarau
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Joko Hastaryo, meminta warga waspada terhadap sejumlah penyakit yang rawan muncul pada musim kemarau ini.

Joko pun menyampaikan sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah warga terjangkit penyakit tersebut.

"Apalagi musim kemarau seperti ini akses airnya susah, akibatnya kualitas air yang dikonsumsi juga rendah," jelas Joko saat dihubungi pada Selasa (16/07/2019).

Mengingat kondisi tersebut, langkah utama yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan sumber air yang digunakan, apakah layak dikonsumsi atau tidak.

Selain itu, Joko sangat menyarankan agar air dimasak hingga benar-benar matang. Sebab bakteri hingga kuman akan mati saat air dimasak dengan cara yang tepat.

Joko juga mengatakan agar penyajian makanan benar-benar diperhatikan, jangan sampai terkontaminasi oleh lalat. Sebab lalat sangat berperan membawa kuman dan bakteri.

"Jika bisa, hindari untuk sering mengkonsumsi makanan di luar. Kalau pun makan di luar, perhatikan kebersihan lingkungannya," kata Joko.

Sebelumnya Joko mengatakan penyakit seperti diare, disentri, gangguan pernafasan, radang sendi, hingga sakit gigi menjadi penyakit yang lazim muncul saat musim kemarau ini.

Penyakit terkait gangguan pencernaan seperti diare dan disentri pun menjadi yang paling banyak dialami warga pada musim kemarau ini.

"Sudah ada peningkatan pasien diare sejak bulan lalu," ungkap Joko.(*)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved