Awas! Ini 5 Bahan Makanan yang Bahaya Jika Dimakan Mentah

Selain daging dan telur, ada beberapa bahan makanan lainnya yang kurang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi mentah. Berikut daftarnya!

Awas! Ini 5 Bahan Makanan yang Bahaya Jika Dimakan Mentah
ist
Kentang ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Tak jarang ada beberapa bahan makanan mentah yang dicampur menjadi satu menu makanan untuk disantap, salad misalnya.

Namun, tahukah anda jika tidak semua bahan makanan bisa dan aman untuk dikonsumsi mentah?

Berikut ini Tribunjogja.com rangkumkan lima bahan makanan yang bahaya jika dikonsumsi mentah, dilansir dari laman Reader's Digest, Selasa (16/7/2019).

1. Kentang

Kepala ahli gizi dari Terra's Kitchen, Dr. Lisa Davis menyatakan jika anda mengonsumsi kentang mentah, perut anda akan kembung dan terjadi masalah pencernaan.

Jika kentang didiamkan untuk waktu yang lama di tempat hangat ataupun lembab, warnanya bisa saja berubah menjadi hijau dan mengembangkan racun yang disebut solanin.

Maka, jika anda mendapati ada bintik-bintik hijau pada kentang, jangan dimakan, karena solanin dapat menyebabkan keracunan.

2. Sosis hotdog

Sebagian orang mungkin beranggapan jika sosis hotdog telah dimasak (pre-cooked) sebelum diolah. Namun, departemen makanan dan obat-obatan Amerika Serikat (FDA) menemukan jika dalam kemasan pembungkus sosis hotdog terdapat Listeria.

Bakteri ini hanya dapat dibunuh dengan memanasinya atau memasaknya.

Halaman
12
Penulis: Fatimah Artayu Fitrazana
Editor: ose
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved