ADVERTORIAL

UGM Bangun Kesetaraan Lewat ICSD

ICSD ingin menawarkan pemikiran kritis-konstruktif mengenai fakta proses pembangunan berkelanjutan di berbagai sektor dan negara.

UGM Bangun Kesetaraan Lewat ICSD
istimewa
Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerjasama dengan International Conference for Social Development, Arizona State University, Singapore University of Social Science dan Asosiasi Pembangunan Sosial Indonesia menyelenggarakan Biennial International Conference pada 16-19 Juli 2019 di UGM. 

TRIBUNJOGJA.COM - Fakta menunjukkan bahwa sampai dengan saat ini masih ada gap antara pembangunan di negara berkembang dan negara maju.

Indonesia sendiri, dari kajian yang dilakukan oleh Deleiotte pada tahun 2018, menempati urutan ke 91 dari 146, jauh di bawah negara BRIC (2018).

Untuk mendorong percepatan pembangunan yang berkelanjutan (SDGs), Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerjasama dengan International Conference for Social Development, Arizona State University, Singapore University of Social Science dan Asosiasi Pembangunan Sosial Indonesia menyelenggarakan Biennial International Conference pada 16-19 Juli 2019 di UGM.

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

Manohar Pawar, Presiden ICSD dari Charles Sturt University, Australia menyampaikan tujuan adanya ICSD adalah membangun kesadaran pengembangan sosial di seluruh dunia.

Menurutnya, sejak awal adanya ICSD perkembangannya masih relevan setiap tahunnya.

"Meskipun sekarang ilmu terkait kesejahteraan sudah sangat berkembang, namun masih banyak yang belum mencapai kesetaraan. Karena setiap manusia memiliki kemampuan tertentu yang bisa dikembangkan, nilai yang ingin diangkat adalah kesetaraan," ungkapnya pada Tribunjogja.com.

Menurutnya selain kesetaraan, ICSD juga ingin mengangkat adalah Hak Asasi Manusia (HAM), dimana HAM ini merupakan kebutuhan manusia itu sendiri.

David Androff dari Arizona State University, United State of Amerika menyampaikan jika ICSD senantiasa menyorot mengenai perkembangan sosial, dimana ICSD merupakan badan yang senantiasa mempromosikan kesetaraan, keadilan dan kesejahteraan bersama.

Tak Lolos di Jalur UTUL UGM, Masih Ada Kesempatan Daftar di SV UGM Jalur Nilai UTUL

"Ini merupakan internasional konferensi ke 21. ICSD penting di dalam bagian selatan dalam dominasi negara barat. Indonesia merupakan bagian penting yang telah menyelamatkan dunia salah satunya dengan adanya konferensi di Bandung. Baru-baru ini, Indonesia juga menjunjung keadilan sosial dan mengajarkan dunia lain mengenai keadilan sosial untuk pembangunan," ungkapnya.

Menurutnya, ada 5 hal yang ingin dijunjung ICSD, yakni pertama memastikan keadilan sosial.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved