Kota Yogya

Terapkan Digitalisasi, Koperasi di Kota Yogyakarta Didorong untuk Beradaptasi

Melalui digitalisasi koperasi, Lucy seluruh anggota koperasi akan mendapatkan kemudahan.

Terapkan Digitalisasi, Koperasi di Kota Yogyakarta Didorong untuk Beradaptasi
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopnakertrans) Kota Yogyakarta Lucy Irawati saat memberikan keterangan pers, Senin (15/7/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Peringatan HUT ke-72 Hari Koperasi di Kota Yogyakarta mengangkat tema Reformasi Total Koperasi di Era Industri 4.0.

Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopnakertrans) Kota Yogyakarta Lucy Irawati menjelaskan tema tersebut menekankan pada pola pengembangan koperasi yang bergeser ke generasi yang lebih muda atau milenial.

"Ke depan, koperasi yang ada dikelola dengan lebih moderen. Di kota sudah banyak koperasi yang menggunakan teknologi, tapi yang lain juga ada yang belum. Melalui HUT ini, akan mengarah ke sana. Termasuk agar koperasi dapat lebih dikenal," ucapnya dalam jumpa pers di Dinas Komunikasi dan Persandian Kota Yogyakarta, Senin (15/7/2019).

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

Saat ini terdapat 362 koperasi di Kota Yogyakarta.

Melalui digitalisasi koperasi, Lucy menjelaskan bahwa seluruh anggota koperasi akan mendapatkan kemudahan.

Mereka bisa dengan mudah mengakses secara mandiri.

"Mereka akan dengan mudah tahu berapa simpanan, hutang, SHU (Sisa Hasil Usaha), dan sebagainya dengan lebih transparan," katanya.

Ia menambahkan, tujuan mengadakan peringatan tersebut adalah untuk mengingatkan kembali peristiwa bersejarah lahirnya koperasi.

"Mengingatkan warga baik yang berkoperasi dan yang belum berkoperasi bahwa koperasi ini penyokong perekonomian. Bagi pengurus koperasi agar memajukan koperasi yang ada di Yogyakarta," bebernya.

Koperasi Harus Rutin Gelar RAT Agar Tak Dibubarkan

Sementara itu, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Yogyakarta, Iskandar menjelaskan saat ini terdapat 166 koperasi yang berada di bawah naungannya.

"Kami selalu komunikasikan tantangan koperasi saat ini adalah perkembangan komunikasi informasi. Mau tidak mau koperasi harus beradaptasi," ucapnya.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, terkait acara dalam peringatan Hari Koperasi, terdapat berbagai rangkaian acara.

Mulai dari donor darah pada hari ini (15/7/2019), seminar di Ruang Bima Balaikota Yogyakarta (20/7/2019) dan jalan sehat (28/7/2019).

"Untuk donor darah sudah ada 40 orang yang mendaftar. Tempatnya di Griya UMKM Balaikota besok," tutupnya.(*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved