Pendidikan

Tanggapan Beragam Perihal UKT, Ada yang Terima, Ada Pula Keberatan

Meski demikian, semua punya harapan sama agar penentuan UKT sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua.

Tanggapan Beragam Perihal UKT, Ada yang Terima, Ada Pula Keberatan
Net
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Perihal penerapan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) tahun ini, sejumlah mahasiswa baru dari beberapa kampus ternama di Yogyakarta memberikan tanggapan beragam.

Meski demikian, semua punya harapan sama agar penentuan UKT sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua.

Yashila Alfiani, salah satu mahasiswa baru (Maba) yang baru saja lolos tes masuk Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) misalnya, telah menerima info perihal besaran UKT yang harus dibayar.

Dari tujuh kelompok tingkatan UKT di kampus UNY, Yashila masuk kelompok enam dengan besaran UKT Rp 5.445.000.

Mahasiswa Ingin UKT Rendah, Harus Sertakan Foto Rumah

“Orang tua saya dengan nominal UKT tersebut tidak keberatan dan bisa dijangkau. Jadi nominal UKT itu keluar berdasarkan apa yang kita isi di sosial ekonomi dengan itu di pertimbangin berapa UKT yang akan kita terima. DI UNY bertahap dalam pengisian UKT jadinya tidak terjadi penumpukkan,” kata Yashila.

Yashila menambahkan, nominal UKT yang harus dibayarkannya itu berdasarkan isian kondisi sosial ekonomi.

Menurut Yashila, sebelum keluar UKT, ia terlebih dahulu mengisi form yang menjelaskan keadaan sosial orang tua misalnya berapa biaya yang ditanggung keluarga, keadaan rumah, berapa saudara dan beberapa poin lain.

Berbeda dengan Yashila, Zahra Reri Annisa yang baru saja diterima di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta masih menunggu pengumuman UKT yang dibebankan pihak kampus.

Pengumuman UKT menurut Zahra masih akan dilakukan pada 17 Juli 2019 mendatang.

Variasi UKT Masing-masing Kampus, dari 500 Ribu hingga 26 juta

“Masih nunggu 17 Juli nanti kena UKT berapa. Kalau pengennya saya ya yang sesuai dengan kemampuan orang tua saja. Kalau misalnya UKT ini melebihi kemampuan orang tua mungkin bisa juga mengajukan sanggahan ke kampus karena ada alur dan prosedurnya. Tapi nanti lihat dulu seperti apa,” kata Zahra.

Sementara Fajar yang lolos UGM sedikit memberi tanggapan berbeda. Baru saja menerima info besaran UKT pada Senin (15/7/2019) malam, ia kaget karena nominalnya sedikit memberatkan orang tua.

Sayang, ia enggan membeberkan jumlah nominal UKT dan pekerjaan serta penghasilan orang tuanya.

“Sepertinya sedikit keberatan kalau dengan nominal UKT (yang baru saja diumumkan) jika melihat kemampuan ekonomi orang tua saja. Nanti mau diskusi dulu dengan orang tua. Mungkin saya mau coba mengajukan keringanan UKT supaya bisa lebih rendah dari yang baru saja diumumkan,” kata Fajar. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: sus
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved