Peringatan Dini Gelombang Tinggi 3-4 Meter di Pesisir Selatan DIY, Nelayan Diminta Waspada

Peringatan Dini Gelombang Tinggi 3-4 Meter di Pesisir Selatan DIY, Nelayan Diminta Waspada

Peringatan Dini Gelombang Tinggi 3-4 Meter di Pesisir Selatan DIY, Nelayan Diminta Waspada
istimewa/ @bmkg_semarang
Informasi Cuaca Pelayaran Perairan Utara dan Selatan Jawa Tengah berlaku tanggal 15 Juli 2019 jam 07.00 - 19.00 wib 

Peringatan Dini Gelombang Tinggi 3-4 Meter di Pesisir Selatan DIY, Nelayan Diminta Waspada

TRIBUNJOGJA.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di pesisir selatan DIY mulai 15-18 Juli.

Gelombang tinggi di pesisir selatan DIY ini berpotensi mencapai kisaran 3,0 - 40,0 meter.

Dikutip Tribunjogja.com dari laman BMKG, peningkatan gelombang ini dipicu adanya pola sirkulasi angin di Kalimantan Barat dan Samudera Pasifik Utara Papua.

Pola angin di wilayah utara ekuator umumnya dari Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan 4 - 20 knot, sedangkan di wilayah selatan ekuator umumnya dari Timur - Tenggara dengan kecepatan 4 - 25 knot.

BMKG memantau Kecepatan angin tertinggi terpantau di selat Malaka Utara Aceh, Samudra Hindia Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Samudra Hindia Selatan Jawa, Laut Banda, Samudra Pasifik Utara Halmahera hingga Papua, Perairan Utara Jayapura, Laut Arafuru.

Prakiraan Cuaca : Hari Ini Senin 15 Juli 2019 Seluruh Wilayah DIY Diprakirakan Cerah dan Berawan

Kondisi ini dapat mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Beberapa perairan Indonesia lainnya juga berpotensi mengalami gelombang yang lebih tinggi dengan kisaran 2,5 hingga 4 meter.

Wilayah tersebut adalah Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan Barat P. Simeulue hingga Kep. Mentawai, Perairan Bengkulu hingga barat Lampung, Perairan Barat Kep. Enggano, Samudera Hindia barat Sumatera, Selat Sunda bagian selatan, Perairan Selatan Banten hingga P. Sumba.

Kemudian Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, Samudera Hindia selatan Jawa hingga NTT, Laut Sawu bagian selatan, Perairan Timor selatan NTT, Perairan Selatan Kep. Sermata hingga Aru, Laut Arafuru, serta Samudera Pasifik utara Biak hingga Jayapura.

Cerita Mempelai Wanita Lari Kalang Kabut Gara-gara Ada Truk Nyelonong Saat Hendak Ijab Kabul

BMKG selalu mengimbau pada masyarakat terutama nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), kapal ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m) untuk selalu waspada. (Tribunjogja)

Penulis: has
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved