Sport

KONI DIY Putuskan Jumlah Atlet untuk Porda DIY 2019

KONI DIY akhirnya menetapkan jumlah, sekaligus nama atlet yang bakal ambil bagian dalam Porda DIY 2019, bulan Oktober mendatang.

KONI DIY Putuskan Jumlah Atlet untuk Porda DIY 2019
Dokumentasi Humas KONI DIY
Jajaran KONI DIY, bersama Kota/Kabupaten, seusai rapat pleno, di kantor setempat, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM - KONI DIY akhirnya menetapkan jumlah, sekaligus nama atlet yang bakal ambil bagian dalam Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY 2019, bulan Oktober mendatang.

Sesuai hasil rapat pleno, ajang tersebut bakal diikuti oleh 3.400 atlet.

Ketua Umum (Ketum) KONI DIY, Djoko Pekik Irianto pun menjelaskan, jumlah tersebut meliputi kontingen tuan rumah Kota Yogyakarta 785 atlet, Sleman 757 atlet, Bantul 795 atlet, Kulonprogo 571 atlet, kemudian Gunungkidul bakal diperkuat 492 atlet.

5 Rekomendasi Mie Ayam di Jogja, dari yang Super Pedas sampai Buka Tengah Malam

Menurutnya, penetapan ini telah menjadi keputusan final KONI DIY, terutama setelah sebelumnya dilakukan proses entry by name oleh Panitia Pelaksana (Panpel) Porda DIY.

Sehingga, jumlah yang telah disebutkan tersebut, tidak bisa lagi diganggu gugat.

"Kemudian, pengajuan, hingga penyelesaian sengketa olahraga, di tingkat Panpel, maupun Baorda (Badan Arbitrase Olahraga Daerah) DIY ya, hasilnya pun bersifat final dan mengikat," ujar Djoko pada Tribunjogja.com.

Mengenai perbedaan pendapat dalam pengambilan keputusan, lanjutnya, seperti ada ketidakpuasan dari KONI Kabupaten/Kota, terutama terkait dengan nama-nama atlet yang dapat dan tidak dapat bertanding nantinya, merupakan dinamika yang wajar.

Gelar Tes Fisik, KONI DIY Siap Evaluasi Atlet Puslatda

"Namun, dengan jiwa dan semangat kebersamaan yang kokoh, kami berharap pelaksanaan Porda DIY 2019 bisa berjalan lancar dan sukses," cetusnya.

Sementara itu Ketua Panpel Porda DIY 2019, Rumpis Agus Sudarko menambahkan, total ada 27 atlet yang tidak lolos dalam proses entry by name.

Yakni, 15 atlet karena persoalan kependudukan, kemudian sebanyak 12 atlet lantaran persoalan mutasi. 

"Dari 15 atlet tersebut, di antaranya 4 atlet Bantul, 5 atlet Gunungkidul, lalu 1 atlet Kota Yogyakarta, 2 atlet Kulonprogo dan 3 atlet Sleman," ucapnya.

Jelang Porda DIY 2019, Tim Sepakbola Kota Yogyakarta Agendakan Try Out

Sehingga data semula berjumlah 3.427 atlet, menjadi 3.400 atlet yang akhirnya dapat bertanding di Porda DIY 2019.

Mengenai pergantian atlet, kemungkinan terjadi apabila sakit, namun wajib disertai dengan Surat Keterangan (SK) dari Dokter KONI DIY

"Setelah ini kemudian akan dibuatkan SK oleh Ketum, untuk kemudian disampaikan ke KONI Kabupaten/Kota untuk dikeluarkannya SK Kontingen, guna keperluan administrasi," cetusnya.

"Lalu, masing-masing Pengda cabor juga akan diberi daftar nama tersebut. Misal, atletik akan diberi nama atlet-atlet yang bisa tanding, sehingga cabor bisa menyiapkan drawing, jadwal pertandingan dan sebagainya," pungkas Rumpis. (*)

Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved