Amien Rais : Berikan Kepercayaan ke Jokowi dan Ma'ruf Amin dengan Menterinya, Lima Tahun Kita Awasi

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais akhirnya angkat suara pascapertemuan Joko Widodo-Prabowo Subianto kemarin.

Amien Rais : Berikan Kepercayaan ke Jokowi dan Ma'ruf Amin dengan Menterinya, Lima Tahun Kita Awasi
TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais saat memberikan keterangan kepada wartawan di kediamannya, Condongcatur, Sleman Sabtu (13/7/2019). 

Amien Rais : Berikan Kepercayaan ke Jokowi dan Ma'ruf Amin dengan Menterinya, Lima Tahun Kita Awasi

TRIBUNJOGJA.COM - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais akhirnya angkat suara pascapertemuan Joko Widodo-Prabowo Subianto kemarin.

Amien Rais meminta semua pihak memberikan kesempatan kepada presiden terpilih Joko Widodo dan wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin selama lima tahun ke depan. Ia pun setuju rekonsiliasi tapi tidak dengan bagi-bagi jatah menteri.

Namun, ia juga meminta masyarakat mengawasi jalannya pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Karena itu, ia mengingatkan partai-partai pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tak perlu berebut kursi menteri.

"Soal kekuasaan berikan kepercayaan dan kesempatan yang utuh ke Jokowi dan Ma'ruf Amin dengan menterinya. Nanti lima tahun kita awasi," ujar Amien saat ditemui di Kantor DPP PAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019) dilansir dari Kompas.com.

"Buat saya rekonsiliasi itu sangat lucu kalau dalam wujud bagi-bagi kursi. Itu namanya bukan rekonsiliasi tetapi ya bagi-bagi kursi. Ada aibnya, ada negatifnya, ternyata politisi itu enggak ada lagi kekuatan moral. Enggak memegang dispilin partai dan lain-lain," ujar Amien.

Amien mengatakan jika rekonsiliasi disamakan dengan bagi-bagi kursi, maka kritik yang disampaikan dalam kampanye kepada Jokowi akan sia-sia belaka.

Padahal, kata Amien, kritik yang disampaikan kepada petahana sepanjang kampanye dimaksudkan untuk menawarkan alternatif baru bagi masyarakat dalam menilai kebijakan pemerintah.

"Dan itulah imbas demokrasi. Kalau itu (pembentukan koalisi pemerintahan) terjadi, kita enggak usah ada seperti gempa bumi," kata Amien.

Karena itu, Amien mengatakan, pembentukan koalisi pemerintahan jangan dijadikan dasar untuk rekonsiliasi seusai Pilpres 2019.

Halaman
12
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved