Akhir Kisah Pasha, Siswa Tak Mampu Gunungkidul yang Tak Diterima di SMP Negeri Dekat Rumah

Pasha ingin masuk SMPN 2 Negeri Karangmojo, Gunungkidul, namun gagal karena persoalan umur.

Akhir Kisah Pasha, Siswa Tak Mampu Gunungkidul yang Tak Diterima di SMP Negeri Dekat Rumah
Tribunjogja.com | Wisang Seto
Muhamad Pasha Pratama (12) warga Padukuhan Bulu, RT 05 RW 14, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul menunjukkan peralatan sekolah yang telah dibeli, Kamis (11/7/2019). 

Muhamad Pasha Pratama (12) warga Padukuhan Bulu, RT 05 RW 14, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, yang masuk kategori siswa tidak mampu akhirnya bisa melanjutkan pendidikan lagi. Awalnya Pasha ingin masuk SMPN 2 Negeri Karangmojo, Gunungkidul, namun gagal karena persoalan umur.

KEPALA Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan Pasha saat sudah mendapatkan sekolah swasta yang berada di Karangmojo.

"Solusi transportasi untuk sementara akan diantar jemput nanti kami yang sediakan," kata Bahron, Minggu (14/7/2019).

Bahron mengatakan, saat ini sudah ada beberapa donatur yang mau menyumbang berupa sepeda listrik hal tersebut dapat menjadi solusi jangka panjang permasalahan
tranportasi bagi Pasha.

"Permasalahan bukan berada pada sistem zonasinya tetapi permasalahan berada pada ekonomi Pasha, sehingga tidak dapat mengeluarkan biaya ekstra untuk transport,"
katanya.

Pasha tidak diterima di SMPN 2 Karangmojo lantaran umur, karena Pasha lebih muda 3 hari dibanding yang lainnya.

"Misalnya ada satu murid yang lahir pada tanggal 1 April dan satunya 2 April pada tahun yang sama maka yang diterima yang lahir 1 april," jelas Bahron.

Diberitakan sebelumnya, Pasha Prataman diduga tak bisa masuk SMPN 2 Karangmojo yang relatif dekat dengan rumah karena persoalan zonasi.

Awalnya ia mendaftar di sekolah SMP 2 Karangmojo, karena pertimbangan jarak sekolah dengan rumahnya kurang lebih 2 km, sehingga dirinya tidak memerlukan biaya ekstra
untuk transportasi.

Halaman
1234
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: iwe
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved