Iran Ancam Lakukan Aksi Balasan ke Inggris jika Kapal Tanker Grace 1 Tak Dilepaskan

Mousavi mengancam Teheran bakal melakukan aksi balasan jika Inggris tidak segera membebaskan kapal tanker Grace 1 milik mereka.

Iran Ancam Lakukan Aksi Balasan ke Inggris jika Kapal Tanker Grace 1 Tak Dilepaskan
IST/Reuters via Daily Mirror
Kapal tanker Grace 1 yang disita oleh Marinir Inggris dibantu polisi Gibraltar setelah diduga membawa minyak dari Iran ke Suriah. 

TRIBUNJOGJA.COM - Iran mendesak Inggris supaya melepaskan kapal tanker yang disita di kawasan Gibraltar pada pekan ini karena diduga membawa minyak mentah.

Pasukan Marinir Inggris yang bekerja sama dengan Kepolisian Gibraltar mencegat kapal tanker super Grace 1 setelah diduga membawa 2,1 juta barel minyak ke Suriah.

Jika benar, maka pengiriman itu merupakan bentuk pelanggaran terhadap sanksi Uni Eropa. Belum lagi Iran juga melanggar sanksi dari Amerika Serikat (AS).

AS Khawatir Rahasia F-35 Terbongkar Setelah Turki Beli Rudal S-400 Rusia

Namun juru bicara pemerintah Iran, Abbas Mousavi kepada kantor berita IRNA menuturkan yang dilakukan Inggris adalah permainan berbahaya dan ada konsekuensinya.

"Dalih hukum yang dimasukkan untuk membenarkan adanya penangkapan tidak valid," ujar Mousavi. "Karena itu, pembebasan kapal tanker itu adalah jalan yang benar," imbuhnya.

Siapkan Aksi Balasan

Diwartakan The Independent, Jumat (12/7/2019), Mousavi mengancam Teheran bakal melakukan aksi balasan jika Inggris tidak segera membebaskan kapal tanker mereka.

Kapal tanker Grace 1 yang ditahan Angkatan Laut Inggris
Kapal tanker Grace 1 yang ditahan Angkatan Laut Inggris ()

Peringatan itu muncul sehari setelah London mengumumkan ada tiga kapal Iran yang mencoba untuk menyerbu kapal tanker mereka, British Heritage, yang melintasi Selat Hormuz.

Tiga kapal yang diduga berasal dari pasukan Garda Revolusi Iran balik arah setelah kapal perang Inggris HMS Montrose datang dan mengancam bakal menembak mereka.

Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt menyatakan, ketegangan mereka dengan Iran membuktikan dana yang lebih besar harus dibelanjakan demi memperkuat Angkatan Laut.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved