Kota Yogyakarta

Dekranasda Kota Yogyakarta Persembahkan Dekoya Awards untuk Pelaku Kerajinan

Dekoya Awards adalah ajang penganugrahan penghargaan kepada pelaku industri kerajinan di Kota Yogyakarta, khususnya member Dekranasda Kota Yogyakarta.

Dekranasda Kota Yogyakarta Persembahkan Dekoya Awards untuk Pelaku Kerajinan
istimewa
Ketua Dekranasda Kota Yogyakarta Tri Kirana Muslidatun saat menyerahkan hadiah kepada pemenang. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Yogyakarta menyelenggarakan lomba Dekoya Award 2019 yang diselenggarakan di Plaza 1 Maret, Jumat (12/7/2019).

Dekoya Awards adalah ajang penganugrahan penghargaan kepada pelaku industri kerajinan di Kota Yogyakarta, khususnya member Dekranasda Kota Yogyakarta.

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

“Penghargaan Dekoya Award diberikan kepada member Dekranasda Kota Yogyakarta setelah melalui beberapa tahap penilaian, survey kepastian usaha dan penjurian oleh juri yang kompeten sesuai kriteria penilaian,” kata Ketua Dekranasda Kota Yogyakarta, Tri Kirana Muslidatun.

Menurutnya dalam berbagai program dan kegiatan Dekranasda Kota Yogya dengan mewadahi dan mengembangkan pelaku kerajinan ini diharapkan selalu berkembang dan berdaya saing, sehingga mampu menopang Ekonomi Nasional.

“Dengan potensi sumber daya manusia dan berbagai sumber kreatif lokal, mampu mewujudkan kreatifitas kota Yogyakarta untuk meningkatkan daya saing produk Nasional. Kreatifitas para pelaku usaha kerajinan di Kota Yogya mampu mewarnai dan mendukung posisi Kota Yogyakarta sebagai kota wisata dan kota kreatif yang berdampak positif terhadap lingkungan sosial, serta mampu meningkatkan lapangan pekerjaan sehingga patut di apresiasi,” ungkapnya.

Pemkot Yogya Gelar Job Fair 2019, Tawarkan 6.645 Lowongan Kerja

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, Dekoya Award yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali.

Pada tahun ini terdiri dari lima kategori awards yakni Kategori Originalitas Produk, Inovasi dan Kreativitas Produk, Manajemen dan Pembukuan, Strategi Pemasaran / Marketing, Dampak Sosial dan Dampak Lingkungan.

Ia mengatakan lima kategori tersebut diikuti total lebih dari 50 member Dekranas dan terdapat dua kategori Bhagaskara sebagai pendatang baru yang memiliki potensi dan Life Achiefment yaitu kategori yang diberikan kepada member yang berdedikasi dalam pelestarian budaya dan menjaga keselamatan lingkungan serta selalu berupaya mengembangkan ilmunya kepada masyarakat.

Publik Bisa Akses Data Pemkot Yogya via Online

“Selamat dan ke depannya harus bisa menjadi contoh, tauladan bagi para member Dekranas yang lain dan juga bagi masyarakat pada umumnya, penghargaan ini bukan sebagai puncak prestasi tapi sebagai langkah awal untuk menjadi naik kelas lagi dan mendapatkan prestasi-prestasi yang lainnya,” ungkapnya.

Seorang peserta yang menjadi juara di kategori Originalitas, Siti Mucholifah dengan nama usaha Huwakaka mengatakan sangat senang dengan adanya Dekoya Award dan ia berkomitmen agar selanjutnya semakin inovatif dan berkembang.

“Senang yang tidak bisa diucapkan kata-kata dengan adanya Dekoya Award membuat HUWAKAKA semakin semangat untuk berkarya dan berinovasi, Semoga kedepannya HUWAKAKA semakin berkembang dan sukses. HUWAKAKA berharap dekoya award selalu diadakan untuk memotivasi UMKM," urainya pada Tribunjogja.com. (*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved