Anak yang Mudah Berinteraksi akan Bahagia di Hari Tua

Anak-anak yang mudah berinteraksi dengan orang lain cenderung memiliki kesempatan yang besar untuk memiliki gaji tinggi dan hidup bahagia

Anak yang Mudah Berinteraksi akan Bahagia di Hari Tua
IST/ferlistockphoto
Anak-anak punya dunia sendiri serta berhak untuk bermain dan berinteraksi dengan sekitarnya. 

TRIBUNJOGJA.COM - Salah satu tantangan terbesar bagi orangtua adalah mendidik anak menjadi cerdas dan berkepribadian baik.

Namun, orang tua juga pasti ingin agar buah hatinya sukses dan memiliki penghasilan yang tinggi saat dewasa kelak.

Nah, ternyata anak-anak yang mudah berinteraksi dengan orang lain cenderung memiliki kesempatan yang besar untuk memiliki gaji tinggi dan hidup bahagia, khususnya saat usia mereka menginjak 30 tahunan.

Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan selama 30 tahun dan dipublikasikan di Journal of American Medical Association Psychiatry belum lama ini.

Luar Biasa, Wanita Ini Berhasil Turunkan Berat Badan hingga 270 Kilogram

Dikutip dari CNBC, Sabtu (13/7/2019), studi tersebut menemukan bahwa anak-anak yang acuh tak acuh terhadap lingkungan sekitarnya cenderung memperoleh gaji yang lebih rendah pada awal hingga pertengahan usia 30 tahunan.

Para peneliti menganalisa kuesioner guru untuk 2.850 taman kanak-kanak di Quebec, Kanada antara periode 1980 dan 1981.

Kemudian, para peneliti melakukan referensi silang terhadap perilaku setiap anak dengan pelaporan pajak mereka sejak tahun 2013 hingga 2015.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak laki-laki dan perempuan berusia 5 hingga 6 tahun yang acuh tak acuh saat duduk di bangku TK memiliki penghasilan tahunan yang lebih rendah ketika menginjak usia 33 hingga 35 tahun.

Adapun perilaku-perilaku spesifik yang diasosiasikan dengan acuh tak acuh antara lain oposisi seperti tidak patuh atau menyalahkan orang lain, hiperaktif seperti gelisah atau terus bergerak secara konstan, kecemasan termasuk mudah menangis dan mudah cemas, serta agresi fisik seperti berkelahi dan perundungan.

Seiring berjalannya waktu, tingginya nilai acuh tak acuh diasosiasikan dengen penurunan penghasilan tahunan, yakni 1.271,49 dollar Kanada bagi partisipan pria dan 924,25 dollar Kanada bagi partisipan perempuan.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved