Pendidikan

Komitmen Kualitas Pend. Matematika dan Sains, FMIPA UNY Selenggarakan ICRIEMS 2019

Isu mengenai pengembangan Matematika dan ilmu Pengetahuan di Indonesia sangat penting untuk dibahas, dimana masih rendahnya prestasi Matematika dan Sa

Komitmen Kualitas Pend. Matematika dan Sains, FMIPA UNY Selenggarakan ICRIEMS 2019
Istimewa
Sebagai salah satu lembaga yang menyiapkan guru dan peneliti matematika dan sains, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Science (6th ICRIEMS) di Eastparc Hotel Yogyakarta, Jumat-Sabtu, (12-13/7). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebagai salah satu lembaga yang menyiapkan guru dan peneliti matematika dan sains, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Science (6th ICRIEMS) di Eastparc Hotel Yogyakarta, Jumat-Sabtu, (12-13/7/2019).

Konferensi yang mengambil tema "Integrating Science, Technology, Engineering, & Mathematics (STEM) and Education for Disaster Risk Reduction and Mitigation" ini, turut menghadirkan pembicara dari berbagai Negara seperti keynote speaker Prof. Dr. Gultekin Cakmakci dari Hacettepe University, Turkey, Prof. Dr. Wing Mui Winnie So (Graduate School, The Education University of Hong Kong, Hong Kong), Martianus Frederic Ezerman, Ph D (Nanyang Technological University. Singapore), Prof. Dwikorita Karnawati, Ph.D (BMKG, Indonesia), serta Dr. lnsih Wilujeng (FMIPA UNY).

Dara Alumni FMIPA UNY Ini Punya Misi Terus Lestarikan Budaya Jawa

Bukan hanya itu, dalam konferensi ini juga dihadirkan Dr. Hanik Humaida (PVMBG, Indonesia dan Dr. Azlan Kamari (Universitas Pendidikan Sultan Idris, Malaysia) sebagai invited speaker.

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa dalam sambutannya mengatakan, isu mengenai pengembangan Matematika dan ilmu Pengetahuan di Indonesia sangat penting untuk dibahas, dimana masih rendahnya prestasi Matematika dan Sains siswa Indonesia.

Oleh karenanya, dengan adanya konferensi seperti ICRIEMS ini, para peneliti dan praktisi Ilmu Pengetahuan, dan Pendidikan Matematika bisa berbagi dan mendiskusikan gagasan dan temuan penelitian untuk meningkatkan praktik dan Inovasi dalam Pendidikan Matematika dan Sains.

Alumni FMIPA UNY Kreasikan Batik Tema Pendidikan

"ICRIEMS diharapkan bisa meningkatkan pembelajaran dan prestasi siswa juga

Sutrisna menjelaskan, sebagai salah satu lembaga pendidikan yang menyiapkan guru dan peneliti matematika, UNY sudah berkomitmen untuk bisa mempromosikan penelitian dan publikasi untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika dan Sains.

Selain itu, UNY juga bertekad untuk bisa mengembangkan kualitas pendidikan secara umum.

"Dengan komitmen Ini, kami berharap dapat berkontribusi lebih baik dalam meningkatkan sistem pendidikan, dan masyarakat pada umumnya," ungkapnya.

Martianus Frederic Ezennan. Ph.D, dari Nanyang Technological University, Singapore mengatakan, dalam kesempatan ini dirinya akan membahas mengenai dua topik pemrosesan Informasi.

Pengolahan Minyak Kelapa Murni Tanpa Bau Tengik Melalui Metode Spontan ala Dosen FMIPA UGM

"Topik pertama adalah Sensing Holografik. Representasi data holografik dan topik kedua mengenai Binary de Bruijn Sequences yang memiliki sejarah panjang dalam dalam matematika dan komputasi," ungkapnya

Gultekin Cakmakci dari Hacettepe University, Turkey, mengatakan, jika Sains, Teknologi dan Matematika merupakan kekuatan utama dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, kita tidak mungkin mengisolasi diri dari Sains, Teknologi maupun Matematika.

Seperti halnya berkaitan dengan perubahan iklim, kesehatan manusia, polusi, pengurangan dan mitigasi kemiskinan maupun kebencanaan.

"Pekerjaan, kemajuan dalam kesehatan, kesejahteraan dan kualitas hidup kita sebagian besar bergantung pada Sains, Teknologi, maupun Matematika," ungkapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved