Wujud Ikan Vampire Ini Sungguh Menakutkan, Bisa Bikin Kamu Bergidik Ngeri

lamreys merupakan ikan yang menyerupai ular tanpa rahang. Ini merupakan vertebrata tertua di dunia yang telah berevolusi sekitar 200 juta tahun

Wujud Ikan Vampire Ini Sungguh Menakutkan, Bisa Bikin Kamu Bergidik Ngeri
Daily Mail
Ikan Lampreys 

TRIBUNJOGJA.COM - Tahun 2014 lalu, muncul film berjudul Blood Lake : Attack of The Killer Lampreys. Film ini mengisahkan salah satu makhluk mengerikan yang menjadi mimpi buruk bagi para perenang di sungai.

Bagaimana tidak, ikan ini memiliki gigi-gigi yang tajam melingkar di mulutnya. Lalu akan menyerang dan melumpuhkan mangsanya dengan cara menghisap darahnya.

Siapa sangka, ikan yang sudah lama menghilang ini ternyata muncul kembali di sejumlah sungai dan danau di Inggris.

Bahkan kemudian muncul peringatan waspada bagi para perenang tentang kemungkinan adanya serangan lampreys terhadap manusia.

Salah satunya disampaikan melalui website Swimmer's Daily yang memberikan peringatan mengenai kembalinya Lampreys, binatang purba berwujud seperti ular.

Adapun, lamreys merupakan ikan yang menyerupai ular tanpa rahang. Ini merupakan vertebrata tertua di dunia yang telah berevolusi sekitar 200 juta tahun sebelum dinosaurus.

Ikan jenis ini sebenarnya sudah hampir musnah pada jaman revolusi industri silam akibat polusi sungai yang memperihatinkan. Namun beberapa diantaranya ada yang bertahan hidup dan terus berkembang hingga sekarang. Ini pula yang mengejutkan lantaran ikan ini ternyata muncul kembali di perairan Inggris setelah tak pernah lagi terlihat sejak tahun 1800-an.

Dahulu, ikan ini justru pernah menjadi makanan mewah. Dikonsumsi oleh orang romawi, viking dan Inggris.

Menurut Badan Lingkungan Hidup setempat, Lampreys perlahan-lahan kembali ke habitat mereka di sungai lantaran lingkungan tersebut mulai bersahabat untuk kehidupan ikan ini. Semisal rendahnya tingkat pencemaran air sungai.

"Sekarang kualitas air membaik oleh karena itu kita kembali melihat lampreys di hulu sungai seperti di Ouse, Trent dan Derwent, dimana mereka sudah tidak pernah terlihat sejak 30 tahun lalu," jelas ahli perikanan Badan Lingkungan Hidup Inggris, Simon Toms.

Adapun meski dianggap menakutkan dan membahayakan, keberadaan lampreys sebenarnya sangat bermanfaat bagi kelangsungan rantai makanan. Lampreys disebut sangat bermanfaat dalam meproduksi nutrisi di sungai dan menyediakan sumber makanan bagi ikan serta burung seperti bangau. (*/daily mail)

Penulis: mon
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved