Kota Yogyakarta

TMMD Tahap II Menyasar Sorosutan

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2019 kembali digelar.

TMMD Tahap II Menyasar Sorosutan
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat membuka TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2019, Rabu (11/7/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2019 kembali digelar.

Kali ini menyasar Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Komandan Kodim 0734 Kota Yogyakarta Letkol Inf Wiyata Sempana Aji menjelaskan bahwa pada TMMD kali ini akan dilaksanakan pada 10 Juli hingga 8 Agustus 2019 atau selama 30 hari.

Adapun sasaran kegiatan berupa fisik dan juga non fisik.

Kodim Sleman Resmi Menutup TMMD Sengkuyung Tahap 1 Tahun 2019

"Kegiatan fisik meliputi cor blok jalan sepanjang 200 meter dengan lebar 3 meter, rehab Balai RW sebanyak 1 unit, rehab rumah 5 unit, dan pembuatan MCK sebanyak 1 unit," ungkapnya, seusai Upacara Pembukaan TMMD, di Lapangan Sorosutan, Kamis (11/7/20019).

Sementara itu, untuk kegiatan non fisik yakni berupa sosialisasi tentang penyakit masyarakat, klithih, dan narkoba dari pihak Polresta Kota Yogyakarta.

Selain itu juga dilakukan sosialisasi tentang menangkal fanatisme agama yang sempit, masuknya pengaruh terorisme dan timbulnya faham ajaran sesat yang dapat meresahkan masyarakat yang akan disampaikan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta.

"Dari kami nanti ada sosialisasi bela negara dan cintah tanah air. Lalu berikutnya juga ada sosialisasi dan penyuluhan tentang kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dari Dinas Pemberdayaan perempuan Masyarakat dan Perlindungan Anak (DPPMPA) Kota Yogyakarta," bebernya.

Dandim 0734/ Yogyakarta Tutup TMMD Tahap Pertama

Sumber anggaran dari kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II tahun anggaran 2019 berasal dari APBD DIY sejumlah Rp 75 juta dan APBD Kota Yogyakarta sebanyak Rp 309 juta sehingga total keseluruhan dana yang digulirkan selama TMMD adalah Rp 385 juta.

"Personel yang kami libatkan dalam TMMD ini adalah gabungan TNI dan masyarakat, termasuk komunitas. Kita libatkan masyarakat pada hari minggu," bebernya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan bahwa dengan adanya TMMD ini, ia berharap agar akselerasi pembangunan kampung yang ada di Kota Yogyakarta semakin cepat.

"Kami ingin wilayah di kota semakin maju. Kami ingin kehidupan masyarakat semakin sejahtera, sarana prasarana semakin baik, lalu terkait peningkatan SDM mereka juga semakin cerdas, terampil, dan inovatif untuk membangun kampungnya," bebernya.

Kegiatan TMMD yang selalu berpindah dari satu tempat ke tempat lain, dinilai membantu upaya percepatan pembangunan yang juga dilakukan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

"Sorosutan ini merupakan wilayah di Kota Yogykarta yang wilayah agrarisnya masih banyak. Kami ingin Sorosutan memiliki infrastruktur dan sarana fisik yang lebih baik," tutupnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved