Kisah-kisah Pendaki Gunung yang Hilang di Indonesia, Lenyap Tanpa Jejak Hingga Beruntung Selamat

Kisah-kisah Pendaki Gunung yang Hilang di Indonesia, Lenyap Tanpa Jejak Hingga Beruntung Selamat

Kisah-kisah Pendaki Gunung yang Hilang di Indonesia, Lenyap Tanpa Jejak Hingga Beruntung Selamat
Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya
Padang Sabana di Jalur Pendakian Merbabu via Suwanting. 

TRIBUNJOGJA.COM - Berbagai peristiwa hilangnya pendaki gunung terjadi antara tahun 2018 hingga 2019. Bahkan, beberapa waktu lalu hilangnya Thoriq Rizky Maulidan sempat menghebohkan publik.

Meski ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa, namun beruntungnya jenazahnya berhasil ditemukan dan dievakuasi. Karena dari kisah lainnya, ada juga yang tak ditemukan hingga sekarang.

Berbagai kisah pendaki gunung yang hilang semoga menjadi pelajaran. Beberapa pendaki di beberapa gunung yang ada di Indonesia sempat dinyatakan hilang.

Salah satunya Alvi yang hilang saat mendaki Gunung Lawu, Senin (31/12/2018). Hingga berita ini ditulis, keberadaan Alvi belum ditemukan.

Hal sama terjadi pada Galih Andika. Setelah mendaki Gunung Bawakaraeng, Minggu (19/2/2019), Galih dinyatakan hilang dan tiga bulan kemudian jenazahnya ditemukan tinggal tulang belulang.

Sementara keberuntungan masih berpihak kepada tiga pendaki yang berusia lanjut, yaitu Dg Ngalle (55), Dg Lu'mu (45), dan Dg Romba (65). Setelah dinyatakan hilang selama dua hari, mereka bertiga ditemukan selamat.

Berikut 9 kisah pendaki yang sempat hilang di gunung yang ada di Indonesia:

1. Alvi Kurniawan (20)

Alvi Kurniawan, pendaki asal Desa Mejing, Kecamatan Candi Mulyo, Kabupaten Magelang, dilaporkan hilang saat mendaki puncak Gunung Lawu pada Senin (31/12/2018).

Humas Basarnas Pos Surakarta Yohan Tri Anggoro mengatakan, hilangnya Alvi setelah diajak balapan menuju puncak oleh seorang wanita pendaki asal Wonosobo di hari kejadian, via lajur pendakian Candi Cetho sekitar pukul 10.00 WIB. Alvi mendaki bersama 6 rekannya.

Namun, saat tiba di Pasar Dieng sekitar pukul 12.15 WIB, wanita pendaki asal Wonosobo kecapekan hingga akhirnya Alvi melanjutkan mendaki ke puncak sendirian.

Halaman
1234
Editor: iwe
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved