Kota Yogyakarta

Penyandang Disabilitas Mengakses Layanan Jamkesus

Penyandang disabilitas tersebut terdiri dari mereka yang sejak lahir merupakan penyandang disabilitas, karena sakit, hingga kecelakaan.

Penyandang Disabilitas Mengakses Layanan Jamkesus
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Penyandang disabilitas yang mendapatkan pemeriksaan kesehatan dalam Program Jamkesus, Rabu (10/7). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Para penyandang disabilitas menikmati layanan kesehatan dalam Program Jaminan Kesehatan Khusus (Jamkesus) yang digelar di Exs Gedung Dinas Kesehatan DIY Jalan Tompeyan, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Rabu (10/7/2019).

Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Agus Sudrajat menjelaskan bahwa total ada sebanyak 250 penyandang disabilitas yang berhak mengakses layanan yang dibuka hingga hari ini, Kamis (11/7/2019).

Penyandang disabilitas tersebut terdiri dari mereka yang sejak lahir merupakan penyandang disabilitas, karena sakit, hingga kecelakaan.

Syarat Agar Siswa Penyandang Disabilitas asal Kulonprogo Bisa Bersekolah di Kota Yogyakarta

"Mereka di sini mendapatkan layanan one stop service. Jadi layanan kesehatan terpadu yang meliputi layanan kesehatan dasar, spesialis, hingga rehabilitasi medis," ungkapnya, Rabu (10/7).

Bila penyandang disabilitas tersebut membutuhkan alat bantu penunjang aktivitasnya sehari-hari, maka pada layanan Jamkesus tersebut mereka akan mendapatkannya secara gratis.

Mulai alat bantu dengar, penglihatan, dan sebagainya.

"Kalau mereka mengakses layanan di Puskesmas, memakan waktu yang lama karena layanannya dibarengkan dengan reguler. Belum lagi kalau harus dirujuk maka butuh waktu hingga esok hari," ucapnya.

Pemkab Bantul Komitmen Jemput Bola Rekam e-KTP Elektronik Bagi Lansia dan Penyandang Disabilitas

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan bahwa layanan Jamkesus harusnya bisa digelar secara berkala.

Pelaksanaan Jamkesus sekali dalam setahun, dirasa masih kurang.

"Misalkan beberapa bulan sekali diadakan layanan seperti ini karrna jumlah penyandang disabilitas di Kota Yogyakarta cukup banyak," bebernya.

Adapun pelaksanaan Jamkesus 2019, dijelaskan Heroe merupakan kegiatan bersama beberapa OPD yakni meliputi Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Bapel Jamkesos, dan Pemda DIY.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved