Gunungkidul

Pemkab Gunungkidul Pasang 'Voice Announccer' dan CCTV untuk Pantau Situasi Lalu Lintas

CCTV juga berguna dalam memantau aktivitas masyarakat dan dapat membantu pihak kepolisian dalam mengungkap kasus.

Pemkab Gunungkidul Pasang 'Voice Announccer' dan CCTV untuk Pantau Situasi Lalu Lintas
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGA.COM,GUNUNGKIDUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menambah pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) dan menambahkan pengeras suara (Voice Announcer) di 22 titik diharapkan dengan penambahan CCTV dan pemasangan pengeras suara dapat menertibkan masyarakat saat berkendara.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Gunungkidul Sunarjo mengatakan, selain untuk memantau lalu lintas, CCTV juga berguna dalam memantau aktivitas masyarakat dan dapat membantu pihak kepolisian dalam mengungkap kasus.

Lestarikan Budaya Sandiwara Bahasa Jawa, Kemendikbud Gelar Pementasan Sandiwara di Gunungkidul

“CCTVdapat digunakan untuk merekam jejak pelaku kejahatan karena CCTV beroprasi selama 24 jam. Kedua alat tersebut dipasang dibeberapa titik disesuaikan dengan kepadatan lalu lintas dan pertimbangan rawan kecelakaan," katanya, Selasa (9/7/2019).

Dirinya menjelaskan hingga saat ini sudah terpasang CCTV di berbagai daerah seperti Hargodumilah Kecamatan Patuk, kemudian Putat, depan kantor Kecamatan Playen, titik 0 Kota wonosari, depan kantor BRI , dan di lampu merah Jeruk, Wonosari.

“CCTV yaang dipasang dapat berputar sehingga dapat melihat simpang satu ke simpangan jalan lainnya, jika ada yang melanggar dapat kami ingatkan melalui voice announccer," katanya.

Kemenkumham bersama Pemkab Gunungkidul Bentuk Timpora

Kepala Dinas Kominfo Gunungkidul Kelik Yuniantoro menyampaikan saat ini CCTV yang terpasang di Gunungkidul yelah mencapai 60 persen, dan nantinya jika sudah terpasang semua dapat diakses melalui laman smart city yang dimiliki Pemkab Gunungkidul.

"Kalau semua sudah terpasang maka masyarakat dapat memantau lingkungan sekitarnya," imbuh Kelik.

Terpisah, Wakil Bupati Gunungkidul Imawan Wahyudi, menuturkan pemasangan CCTV dan Voice Announccer tersebut merupakan implementasi kemajuan teknologi Inforasi Teknologi (IT) di Pemkab Gunungkidul, dan merupakan satu diantara langkah pemkab untuk menuju smart city.

“Pemerintah bisa memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan akurat. Selain itu, biar masyarakat tahu bahwa dijalan mereka juga dipantau, jadi jangan sembrono saat berlalulintas,” kata Imawan. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved