Jawa

DataGO Kota Magelang Terpilih Masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019

DataGO memberi dampak positif pada peningkatan performa tata kelola data sektoral di Kota Magelang.

DataGO Kota Magelang Terpilih Masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019
istimewa
Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina, melakukan paparan di hadapan tim penilai independen di Aula Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Jakarta, Selasa (9/7/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Nama Kota Magelang kembali terangkat berkat Inovasi Data Kota Magelang Open (DataGO) milik Pemerintah Kota Magelang berhasil masuk ke dalam Top 99 kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2019 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

"DataGO ini telah dirintis sejak tahun 2014. DataGO menjadi komitmen Pemerintah Kota Magelang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik khususnya pada penyediaan data sektoral yang valid, up to date dengan akses yang mudah dan murah," ujar Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina, Selasa (9/7/2019), saat melakukan paparan di depan tim penilai independen KemenPAN-RB.

Dikatakannya, DataGO memberi dampak positif pada peningkatan performa tata kelola data sektoral di Kota Magelang.

5 Rekomendasi Mie Ayam di Jogja, dari yang Super Pedas sampai Buka Tengah Malam

Melalui itu, setiap kebijakan yang dikeluarkan akan selalu mengacu pada kajian bukti yang tepat (evidence based policy making) dan partisipasi konstruktif masyarakat.

Ia mengatakan DataGO akan terus dikembangkan, sehingga mampu memberikan kontribusi untuk peningkatakan pelayanan publik di Kota Magelang.

"Sampai saat ini DataGO terus dikembangkan agar inovasi tidak terhenti, dan agar pelayanan publik di Kota Magelang dapat meningkat," katanya melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com.

Windarti pun berharap DataGO dapat masuk 45 besar dan nantinya membawa pulang dana insentif daerah bagi Kota Magelang.

Tim penilai independen kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD tahun 2019 pun memberikan apresias. Tim penilai terdiri dari para pakar yang berkompeten, antara lain akademisi, pengamat politik, pakar kebijakan publik, wartawan, ombudsman, peneliti LIPI dan lainnya.

Sebuah Rumah di Magelang Ludes Dilahap Si Jago Merah

Seorang anggota tim penilai independen dari LIPI, Prof Dr R Siti Zuhro M A, sendiri menilai, DataGO ini memudahkan masyarakat, khususnya para peneliti, untuk mengetahui segala sesuatu tentang Kota Magelang secara detil dan akurat tanpa harus datang ke kota tersebut.

Aplikasi ini pun tidak hanya menyajikan data tapi juga narasi lengkap, yang mudah dipahami.

DataGO juga mampu memotret daerah secara utuh yang lain Badan Pusat Statistik (BPS) pusat.

"Bagus sekali, karena sudah era-nya paperless, era-nya akses untuk longdistances, dan ternyata Kota Magelang sudah mempersiapkan. Khususnya bagi peneliti yang ingin mengetahui tentang Kota Magelang secara detil dan akurat," ucapnya.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, di ajang Top 99 kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2019 sendiri ada 331 instansi dengan 3.156 proposal terdaftar.

Dari keseluruhan tersebut tersaring sebanyak 1.872 proposal inovasi yang lolos seleksi administrasi dan terpilih 99 inovasi terbaik.(*)

Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved