Bantul

Penggiat Literasi Ikuti Residensi Bidang Literasi Finansial di TBM Guyub Rukun

Tahun ini mengambil tema literasi finansial kaitannya dengan menggali potensi yang dapat mensejahterakan masyarakat sekaligus TBM.

Penggiat Literasi Ikuti Residensi Bidang Literasi Finansial di TBM Guyub Rukun
TRIBUNJOGJA.COM / Amalia Nurul
Pembukaan kegiatan Residensi Penggiat Literasi Bidang Literasi Finansial di TBM Guyub Rukun, Jambon, Argosari, Sedayu, Senin (8/7/2019) sore. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Guyub Rukun di Dusun Jambon, Desa Argosari, Sedayu menjadi tuan rumah Residensi Penggiat Literasi Bidang Literasi Finansial.

Residensi ini diikuti oleh perwakilan 20 provinsi dari seluruh Indonesia dan digelar pada 8-11 Juli.

Kasubdit Kelembagaan dan Kemitraan, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Enah Suminah mengatakan residensi ini rutin digelar setiap tahun dengan tema berbeda-beda.

5 Rekomendasi Mie Ayam di Jogja, dari yang Super Pedas sampai Buka Tengah Malam

Tahun ini mengambil tema literasi finansial kaitannya dengan menggali potensi yang dapat mensejahterakan masyarakat sekaligus TBM.

"Literasi tidak hanya tentang keaksaraan saja. Ada IT, budaya, finansial, dan sebagainya," kata Enah saat ditemui Tribunjogja.com usai pembukaan acara, Senin (8/7/2019) sore di TBM Guyub Rukun.

Ia melihat, TBM Guyub Rukun memiliki hal-hal yang sejalan dengan literasi finansial.

TBM dapat berkolaborasi dengan tokoh masyarakat dan pemerintah sehingga dapat menambah kesejahteraan TBM dan masyarakat sekitar.

"Di sini bisa sejalan dengan proker pemerintah setempat. Ada berbagai kegiatan yang menjadi potensi di sini karena hasil dari membaca, menganalisis, sehingga bisa dijadikan sarana meningkatkan kesejahteraan," paparnya.

Para peserta residensi akan melihat apa yang dilakukan TBM Guyub Rukun, lalu menuliskan pengalaman mereka dan dihimpun menjadi buku.

Liburan Sekolah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Gelar Literasi Kreasi Anak

"Buku ini nanti akan dikembalikan ke TBM-TBM di daerah mereka. Isinya tentang pengalaman, impian, hasil eksplorasi apa yang bisa dikembangkan di wilayahnya nanti," ujarnya.

Pengelola TBM Guyub Rukun, Triyanto mengatakan, ada beberapa kegiatan yang dilakukan untuk menyokong TBM Guyub Rukun.

Mulai dari bimbingan belajar, bank sampah, hingga sablon.

Hal tersebut yang akan menjadi objek pengamatan para peserta residensi.

"Mereka akan mengupas tuntas kegiatan di sini, apa saja yang membantu pendanaan TBM. Juga ada jalan-jalan ke potensi desa Argosari, ke budidaya jamur dan sangkar burung," urainya.

"Hari terakhir akan ada evaluasi kegiatan dan mengajak peserta berbaur dengan masyarakat dengan senam bareng," sambungnya.(*)

Penulis: amg
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved