Sport

Gelar Latber, ASKI DIY Tekankan Pembentukan Karakter Karateka

Agenda ini, dimanfaatkan untuk memberikan materi dasar secara mendetail, sekaligus penyeragaman teknik lingkup nasional.

Gelar Latber, ASKI DIY Tekankan Pembentukan Karakter Karateka
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
80 karateka pilihan mengikuti latihan bersama yang digelar ASKI DIY, di Forriz Hotel, Minggu (7/7/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Sedikitnya 80 karateka pilihan mengikuti latihan bersama yang digelar ASKI DIY, di Forriz Hotel, Minggu (7/7/2019).

Agenda ini, dimanfaatkan untuk memberikan materi dasar secara mendetail, sekaligus penyeragaman teknik lingkup nasional.

Bahkan, latber tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Guru, Ucik Marisi Sensei.

5 Rekomendasi Mie Ayam di Jogja, dari yang Super Pedas sampai Buka Tengah Malam

Ia pun menjelaskan, di antara 80 karateka tersebut, merupakan deretan atlet ASKI DIY, yang disiapkan untuk O2SN Nasional, lalu Popnas, Kejurda FORKI, Porda DIY dan Pra-PON.

"Pokok teknik yang kami berikan adalah memahami center, yang dipadukan dengan cara pernafasan yang benar, untuk menghasilkan kecepatan, kekuatan, hingga jangkauan yang lebih jauh," katanya pada Tribunjogja.com.

Di samping hal-hal terkait teknis, ia pun menekankan pentingnya fundamental pembentukan karakter, etika yang baik dan santun, disiplin, lalu semangat pantang menyerah dan hirarki dojo, dengan memahami janji karate, yang harus dipegang teguh seluruh atlet.

Forki Kota Yogya Rebut Juara Umum Karate Open Championship Yuni Astuti Cup 2019

"Sehingga, diharapkan karateka ASKI selalu menjadi pribadi yang baik, setelah itu baru kemudian mengarah ke pembinaan," tambahnya.

Menurut Ucok, ASKI ingin berkontribusi untuk bangsa dan negara melalui karate yang membentuk karakter generasi muda yang cerdas, santun, serta bermental tangguh.

Dirinya berharap, ASKI DIY dapat menjadi contoh pembinaan bagi Pengprov lainnya.

"Yang berbakat, dibina agar menjadi juara yang punya karakter. Ya, juara itu kan ada batas waktunya, maka membangun karakter ini penting, demi menghasilkan karateka yang santun dan cerdas di tengah-tengah masyarakat," pungkasnya. (*)

Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved