15 Warga Tim Ekspedisi yang ‘Terjebak’ 2 Jam di Goa Perawan Purbalingga Keluar dengan Selamat

Para korban yang hendak menelusuri goa perawan tersebut tak kunjung keluar selama dua jam, hingga akhirnya dievakuasi oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD

15 Warga Tim Ekspedisi yang ‘Terjebak’ 2 Jam di Goa Perawan Purbalingga Keluar dengan Selamat
Dok. BPBD Purbalingga
Tim Reaksi Cepat BPBD Purbalingga yang berhasil mengevakuasi 15 warga setelah dua jam terjebak di perut goa saat melakukan eksplorasi, Senin (872019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebanyak 15 orang warga Desa Tlahab Lor, Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah, dilaporkan terjebak di dalam perut goa, Senin (8/7/2019).

Para korban yang hendak menelusuri goa perawan tersebut tak kunjung keluar selama dua jam, hingga akhirnya dievakuasi oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga.

Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Purbalingga, Tarjuki mengatakan, 15 korban tersebut masing-masing yakni Tariwan (43), Sudir (38), Karyo (37), Sugiyatno (37), Lastono (33), Latif (31), Ikwan (30), Sugiyono (30), Misyono (29), Irawan (27), Jarot (26), Kuat (24), Rizki (23), Yono (23) dan Arin (19).

Viral, Komplotan Debt Collector Paksa Ambil Mobil Pelanggan, Polisi Tangkap 1 Pelaku

Tarjuki mengungkapkan, kejadian bermula saat Marsono (42) menemukan sebuah goa yang ditengarai belum pernah dijamah oleh orang, Minggu (7/7/2019). Goa tersebut berada di tepi desa yang berbatasan dengan hutan.

“Marsono kemudian mengabarkan kepada warga sekitar, karena penasaran mereka membentuk tim ekspedisi dan nekat masuk ke dalam goa tanpa perlatan yang memadai,” kata dia.

Senin (8/7/2019) sekitar pukul 14.00 WIB, tim ekspedisi yang terdiri dari 15 warga tersebut memulai eksplorasinya. Tanpa peralatan yang memadai, hanya berbekal tali rafia sebagai penanda jalan mereka masuk ke dalam goa.

“Selang satu jam, tim ekspedisi ini tak kunjung keluar. Lalu satu orang berusaha menyusul ke dalam, namun hingga satu jam kemudian, tim penyusul ini juga tak kunjung keluar,” ujar dia.

Perangkat desa yang menunggu di luar pun panik dan menghubungi kantor BPBD Purbalingga.

Sebanyak 15 orang warga Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karagreja, Purbalingga, Jawa Tengah berhasil dievakuasi.
Sebanyak 15 orang warga Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karagreja, Purbalingga, Jawa Tengah berhasil dievakuasi. ()

Petugas TRC dan Tim SAR Purbalingga diturunkan ke lokasi untuk melakukan operasi pencarian.

Sejumlah spekulasi muncul, mengingat status goa tersebut yang belum pernah dijamah oleh manusia.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved